Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Makanan Terasa Lezat? Foto Dulu sebelum Disantap

Kompas.com - 05/08/2015, 11:00 WIB
Kontributor Female, Lusina

Penulis


KOMPAS.com –-
Pada tahun 2013 silam, sebuah fakta yang dirilis oleh  Women College Hospital, University of Toronto, Canada, mengatakan bahwa kebiasaan memotret makanan merupakan gejala adanya gangguan mental.

Sekarang, sebuah studi dari University of Minnesota, AS, melansir fakta bahwa memotret makanan sebelum Anda nikmati, terbilang efektif untuk meningkatkan citarasa makanan.

Para peneliti menemukan bahwa orang-orang yang hidup di masa lampau memiliki ritual sebelum makan, mulai dari bernyanyi, mengangkat gelas, hingga berdoa. Ternyata, hal-hal tersebut bisa menstimulasi otak untuk menikmati makanan supaya terasa lebih lezat.

Zaman sekarang, kebiasaan kuno tersebut tak lagi diterapkan para manusia modern. Kini, tercipta tren ritual teranyar sebelum makan, yaitu memotret makanan dan mengunggahnya di media sosial.

Hasil studi ini, sebelumnya telah melalui fase eksperimen yang melibatkan 52 peneliti. Sebanyak 26 peneliti diminta untuk makan cokelat.

Mereka diminta untuk membelah cokelat tanpa membuka kertas pembungkus. Instruksi selanjutnya, mereka diminta membelah cokelat menjadi dua bagian. Lalu, mereka harus membuka kertas pembungkus setengah cokelat dan membiarkan setengah lainnya tetap tertutup.

Kemudian, mereka memakan cokelat yang kertas pembungkusnya sudah dibuka, lalu membuka setengah cokelat yang masih terbungkus dan makan. Beberapa di antara mereka terlihat ada yang bernyanyi dan menggerak-gerakan tubuh.

Selanjutnya, 26 peneliti lainnya diminta menikmati cokelat secara reguler dan sesuai kebiasaan mereka.

Hasilnya, para peneliti yang bernyanyi-nyanyi, menggelengkan kepala, dan berdansa,sebelum makan, mereka mengaku sangat menikmati cokelah dengan maksimal. Mereka mengaku rasa cokelat itu terasa benar-benar sedap. Selain itu, mereka memakan cokelat dengan waktu yang lebih lama dan mengatakan mereka mau bayar lebih untuk cokelat yang sama.

Berangkat dari hasil studi ini, para peneliti pun mendukung aktivitas memotret makanan. Sebab, hal tersebut termasuk dalam ritual makanan yang akhirnya membuat citarasa pangan pilihan Anda terasa jauh lebih nikmat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com