Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/05/2024, 14:14 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Melakukan manikur adalah cara yang menyenangkan untuk memanjakan diri sendiri,. Namun kegembiraannya bisa menjadi berkurang jika kamu meremehkan waktu pengeringan cat kuku dan secara tidak sengaja merusak kuku yang baru dicat. 

Untuk memastikan kuku terlihat indah setelah manikur, penting untuk memberikan waktu yang cukup pada kuteks untuk mengering. Namun, kadang sulit untuk mengetahui kapan ita bisa melanjutkan aktivitas dengan normal setelah manikur.

Itulah sebabnya penting untuk mengetahui berapa lama waktu yang dibutuhkan cat kuku untuk mengering. Untuk membantu menjawab pertanyaan ini, simak wawasan pakar, serta tips tentang cara mempercepat waktu pengeringan.

Berapa lama cat kuku mengering?

Umumnya, cat kuku membutuhkan waktu sekitar satu hingga dua jam untuk benar-benar kering, tetapi biasanya kamu bisa mulai menggunakan tangan lebih cepat dari itu.

Paling tidak, kamu harus menunggu sekitar 20 menit sebelum melakukan apa pun dengan tanganmu, yang akan memberikan cukup waktu bagi lapisan atas untuk mulai mengering, kata Kelly Bannon, manajer pengujian produk senior di Orly. 

Beberapa formula cepat kering membutuhkan waktu sekitar 30 menit hingga satu jam untuk benar-benar kering, kata Molly Romah, ahli kuku di Chillhouse.

Baca juga: Sering Pakai Kuteks? Ini Tips Merawat Kuku agar Tetap Sehat

Faktor yang mempengaruhi waktu pengeringan

Berapa lama waktu yang dibutuhkan cat kuku untuk mengering bergantung pada beberapa hal, seperti berapa banyak lapisan yang kamu aplikasikan, seberapa tebal setiap lapisan, dan jenis cat kuku yang kamu pilih, kata Mimi D, ahli manikur dan seniman kuku selebriti. 

Untuk waktu pengeringan yang efisien, pastikan untuk mengaplikasikan lapisan cat kuku secara tipis dan merata.

Ilustrasi cat kuku, kuteks. PIXABAY/ZHIMIN Ilustrasi cat kuku, kuteks.

Bagaimana mengetahui cat kuku sudah kering

Meskipun sudah menunggu satu jam penuh, sulit mengetahui apakah cat kuku sudah benar-benar kering. Salah satu cara untuk memeriksanya adalah dengan menyentuh atau mengetukkan kuku satu sama lain. Jika tidak menempel saat melakukan ini, berarti cat kuku sudah kering, kata Romah.

Baca juga: Apakah Kuteks Mahal Pasti Lebih Bagus dari yang Murah?

Cara mempercepat waktu pengeringan

Ada beberapa cara agar cat kuku lebih cepat kering sehingga kamu bisa beraktivitas normal.

Tunggu dua menit antar lapisan

Salah satu cara untuk mempercepat waktu pengeringan adalah dengan menunggu dua menit di antara setiap lapisan cat. Cobalah mengecat kuku sambil melakukan sesuatu yang menyenangkan, seperti menonton acara TV favorit, kata Mimi. 

“Misalnya kamu menonton film berdurasi satu jam, poles kuku selama nonton dan biarkan cat kuku mengering selama jeda iklan sebelum mengaplikasikan ulang,” katanya.

Gunakan tipis-tipis

Pengaplikasian cat kuku sangat penting dalam hal waktu pengeringan yang cepat. Daripada melapisi dua kali tebal-tebal, pilihlah tiga lapis tipis, karena lapisan tipis lebih cepat kering dibandingkan lapisan tebal, kata Bannon. 

Selain itu, sebaiknya gunakan cat kuku yang hanya membutuhkan satu hingga tiga lapis (antara lapisan dasar dan atas) untuk mendapatkan warna yang kamu inginkan.

Gunakan kipas angin

Menggunakan kipas angin juga akan membantu mempercepat waktu pengeringan. Pengering rambut juga efektif, tetapi kamu harus berhati-hati terhadap terbentuknya gelembung udara atau serat yang tidak sengaja menempel pada cat kuku, kata Bannon.

Gunakan produk yang cepat kering

Ada beberapa produk, seperti top coat berkualitas dan produk pengering, yang membantu mempercepat waktu pengeringan cat kuku. 

Dengan meggunakan produk ini, kamu tidak perlu menunggu terlalu lama, kata Bannon.

Hindari metode air dingin

Salah satu metode populer untuk mempercepat waktu pengeringan adalah dengan membilas kuku dengan air dingin, namun para ahli mengatakan untuk menghindari hal ini. “Saya tidak menyarankan membilasnya di bawah air karena berisiko membuat cat kuku menjadi kusam atau tercoreng,” kata Mimi.

Baca juga: Pilihan Warna Cat Kuku dan Kepribadian

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com