Apakah Kuteks Mahal Pasti Lebih Bagus dari yang Murah?

Kompas.com - 25/11/2020, 13:28 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

KOMPAS.com - Cat kuku alias kuteks merupakan bagian dari kosmetik yang jadi andalan untuk mempercantik kuku. Rasanya hampir semua wanita memiliki kuteks di lemari riasnya.

Untuk kamu yang memilih mewarnai kuku di rumah mungkin bingung menentukan kuteks yang tepat, bukan hanya warnanya, tetapi formula dan finishing-nya pun beragam.

Belum lagi harganya juga bervariasi. Kuteks yang dijual di toko kosmetik dan salon kecantikan biasanya akan jauh lebih mahal.

Namun apakah hal itu menandakan kuteks yang dijual dengan harga lebih terjangkau kualitasnya 'murahan'? Ternyata tidak demikian.

Menurut para ahli, perbedaannya bukan pada kualitas, melainkan karena cara pemasaran dan pengemasan kuteks.

"Kenyataannya teknologi pembuatan kuteks sudah cukup matang dan tidak banyak berubah selama bertahun-tahun,” ujar ahli kimia komestik Perry Romanowski kepada HuffPost.

Baca juga: Bahaya Kandungan Kimia dalam Kuteks dan Tips Aman Menggunakannya

Co-host podcast The Beauty Brains itu mengatakan, dari segi warna dan teknologi sebenarnya hampir semua kuteks sama.

"Sebagian besar perbedaannya adalah kemasan. Kuteks yang mahal botolnya terlihat lebih bagus dan kuasnya juga cenderung bekerja lebih baik," tambahnya.

Di sisi lain, skala ekonomi juga turut memengaruhi harga kuteks. Perusahaan kuteks yang lebih besar dapat membeli bahan dalam jumlah besar.

Perusahaan juga bisa memproduksi cat kuku lebih cepat dengan jumlah yang lebih banyak. Biaya produksinya tentu berbeda dengan merek kuteks independen yang mengerjakan semuanya sendiri.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Huffpost
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X