Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panduan Lengkap Pilih Ukuran Jam untuk Pergelangan Tangan Anda

Kompas.com - 10/04/2017, 15:07 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.com -- Dalam pemilihan busana, Anda sudah tahu bahwa satu ukuran tidak bisa dipakai oleh semua orang. Namun, mengapa hal ini tidak diaplikasikan pada jam juga?

Berikut adalah nasihat pakar dalam memilih ukuran jam untuk masing-masing tipe pergelangan tangan:

1. Sangat kurus

Erica Redgrave, Buyer di The Watch Gallery berkata bahwa jam tangan yang terlalu besar tidak akan bisa tersimpan dengan baik di bawah pergelangan kemeja.

Dia menyarankan untuk memilih ukuran 34 milimeter yang walaupun lebih kecil dari kebanyakan jam pria akan menciptakan efek yang tidak kalah keren pada pergelangan tangan yang sangat kurus.

2. Ramping

Untuk pergelangan yang sedikit lebih kecil daripada kebanyakan pria, Redgrave menyarankan untuk memilih jam tangan dengan case yang tipis tetapi berdiameter 38-40 milimeter dan tali yang berbahan kulit.

Dial berukuran 38 hingga 40 milimeter yang cukup umum bisa dipakai dengan nyaman oleh pergelangan tangan yang ramping. (Namun) usahakan agar case tidak lebih tebal dari 7-8 milimeter. Apapun yang lebih besar akan  membuat pergelangan tampak lebih kecil,” katanya.

3. Medium

“Sama halnya dengan pergelangan yang kecil tidak boleh memakai dial yang besar, lengan yang lebih tebal tidak selalu bisa memakai jam yang besar,” kata Redgrave.

Untuk amannya, Redgrave menyarankan pergelangan medium untuk memilih ukuran medium, yaitu sekitar 40 milimeter. Namun, Anda bisa bereksperimen dengan berbagai model tali jam tangan, mulai dari yang kulit hingga metal.

4. Tebal

Pergelangan tangan yang tebal, baik secara alami atau akibat olahraga, tidak bisa semerta-merta mengenakan jam terbesar yang ada di pasaran.

Redgrave menyarankan Anda untuk memilih jam tangan dengan diameter 42 milimeter. Diameter tersebut cukup luas untuk berbagai detail pada dial, tetapi berhati-hatilah dengan jam tangan yang terlalu norak.

“Hanya karena ada ruang untuk dihias bukan berarti Anda perlu memakai jam tangan yang norak. Jam tangan yang klasik akan lebih awet daripada yang trendi dan akan bisa mempertahankan nilainya untuk jangka waktu yang lama,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com