Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/04/2017, 20:00 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

KOMPAS.com - Industri barang bekas (preloved shop online) kini menjamur. Bukan cuma barang-barang fashion seperti tas, sepatu, dan baju, kosmetik preloved juga kini banyak dicari.

Di Carousell Indonesia, sebuah market place mobile, kategori kesehatan dan kecantikan menjadi salah satu kategori yang terpopuler. Saat ini sudah terdapat lebih dari 5 juta yang terdaftar untuk semua kategori dan lebih dari satu juta yang terjual sampai dengan Maret 2017.

Di antara jumlah tersebut, kategori kesehatan dan kecantikan berada di posisi kedua terpopuler, di antara kategori fashion di posisi pertama dan kategori elektronik dan gawai di posisi ketiga. Tiga produk yang paling banyak dicari adalah foundation, eyeshadow dan brusher.

“Ada banyak penawaran yang bagus untuk produk kosmetik dan perawatan kulit di Carousell, termasuk berbagai macam produk branded yang mungkin telah habis di pasaran atau terlalu mahal untuk membeli yang baru," kata Olivia Lautner, Country Manager Carousell Indonesia dalam siaran persnya.

Untuk kategori Health & Beauty di Carousell Indonesia, bukan hanya produk bagi wanita, tapi tersedia pula produk perawatan untuk pria. Anda bisa mendapatkan parfum, paket sampo, pencukur jenggot, hingga krim rambut dengan harga miring, bahkan masih bisa ditawar.

Walau berlabel barang second, tetapi tidak semua barang preloved adalah bekas. Tak sedikit orang yang menjual barang hadiah yang tidak dicocok.

Meski begitu, membeli kosmetik preloved perlu berhati-hati karena produk kosmetik bisa menjadi media penularan kuman. Kemasan yang sudah dibuka juga rawan mengalami oksidasi atau penurunan mikrobiologi.

Bila Anda memliki kulit sensitif sebaiknya urungkan niat membeli produk kecantikan yang sudah pernah dipakai orang lain.

Perhatikan pula untuk memeriksa tanggal kadaluarsa produk. Meski produk masih terbungkus rapi dalam kemasan atau baru digunakan 10 persen, bukan berarti isinya masih dalam kondisi segar.

Rata-rata produk perawatan kulit bertahan maksimal 3 tahun, sementara parfum yang mengandung alkohol tidak lebih dari 5 tahun.

Untuk mengetahui tanggal kadaluarsa produk, temukan batch code terlebih dahulu (biasanya terdapat di bagian bawah kemasan atau botol). Masukkan kode tersebut ke aplikasi online khusus yang dapat memberikan informasi tanggal produksi, seperti Checkfresh.com.  Di beberapa produk kecantikan, informasi ini biasanya sudah tercetak langsung dalam kemasan.  
Catatan Redaksi: Tulisan ini sudah diperbarui dengan mengubah data penjualan dari  Carousell Indonesia. Dari yang sebelumnya disebut terdapat 5 juta listing dan 1 juta penjualan untuk kategori Health and Beauty, menjadi 5 juta listing dan 1 juta penjualan untuk seluruh kategori.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com