Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/10/2017, 12:02 WIB
Ariska Puspita Anggraini

Penulis

KOMPAS.com - Ide-ide terbaik kerap datang di waktu dan tempat yang tak terduga. Tidak perlu pergi ke tempat mewah dan jauh, terkadang ide bisa muncul di tempat-tempat tak terduga, seperti kamar mandi.

Penelitian mengungkapkan bahwa berada di kamar mandi ternyata dapat membuat pikiran kita lebih inovatif. Pakar psikologi dari Universitas Harvard, Shelley H.Carson, mengatakan bahwa gangguan kecil saat bekerja, misalnya keinginan pergi ke toilet sebenarnya adalah hal baik bagi kreativitas.

Shelley menjelaskan bahwa interupsi dan pengalihan perhatian saat bekerja merupakan 'masa inkubasi' yang memacu kreativitas.

"Dengan kata lain, gangguan saat bekerja dapat memberi jeda pada otak untuk melepaskan diri dari fokus yang berlebihan dan tidak efektif," papar Shelley.

Banyak orang sukses yang mendapatkan ide cemerlang saat berada di kamar mandi. Berikut ini beberapa orang terkenal yang kerap mendapat ide cemerlang di tempat "biasa".

- Woody Allen 

Penulis, aktor dan sutradara papan atas ini sering mandi dengan shower untuk mendapatkan inspirasi. Terkadang, dia berada di bawah guyuran shower hampir 1 jam agar ide mengalir deras.

Dilansir dari majalah Esquire, Allen mengatakan bahwa saat berada di kamar mandi, terutama saat merasakan air hangat mengalir ke kulitnya, dia seperti meninggalkan dunia nyata dan pikirannya terbuka untuk ide-ide baru. "Ini seperti mengubah pandangan dan mengusir segala hal yang mebuat otak buntu," katanya.

- Archimedes

Archimedes adalah penemu prinsip massa jenis dan gaya apung pada benda yang diletakkan dalam zat cair yang kemudian terkenal dengan Hukum Archimedes. Saat menceburkan diri dalam bak mandi, ia menyadari bahwa massa jenis benda dapat ditentukan saat meletakkan benda ke dalam zat cair. Lalu, massa jenis tersebut dapat dihitung lewat banyaknya zat cair yang tumpah.

Legenda juga menceritakan bahwa matematikawan tersebut melompat keluar dari bak mandi, lalu berlari-lari kegirangan di sepanjang jalan sambil berteriak "Eureka!" "Eureka!"

- Gertrude Stein

Penulis terkenal di AS, Getrude Stein mendapat "aha moment" saat dia melihat sapi dari dalam mobilnya. Setiap hari dia berkeliling di peternakan sapi dan berhenti untuk memandangi berbagai jenis sapi sampai menemukan sapi yang paling memberinya inspirasi. Lalu, penulis yang menghabiskan sebagian hidupnya di Perancis ini akan menulis hanya selama 30 menit.

Harry PotterBUZZNET.COM Harry Potter
- John Lennon

Siapa yang tidak mengenal legenda rock satu ini. John Lennon ternyata mendapatkan ide untuk menulis lagu 'Being for the Benefit of Mr.Kite' saat melihat sebuah poster di toko barang antik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com