Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Penting Menjaga Tekanan Darah Tetap Normal?

Kompas.com - 19/08/2018, 08:04 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Kapan kamu terakhir kali mengecek tekanan darah? Apakah hasilnya normal? Pasalnya, banyak orang yang tak sadar mengalami tekanan darah tinggi.

Biasanya, kondisi ini terjadi akibat kebiasaan hidup yang buruk sehingga tekanan darah normal tidak terjaga. Tahukah kamu apa yang terjadi jika tekanan darah berubah tidak normal?

Saat ini, tekanan darah tinggi telah menjadi penyebab utama berbagai penyakit kronis, seperti jantung koroner, stroke, bahkan diabetes.

Dalam banyak kasus, tekanan darah tinggi tidak menimbulkan gejala tertentu, jadi banyak yang tak tahu kalau dirinya mengalami kondisi ini. Tentu jika dibiarkan akan meningkatkan peluang penyakit kronis.

Hipertensi terjadi ketika aliran darah tidak lancar akibat adanya penggumpalan plak atau ukuran pembuluh darah menyempit, sehingga membuat tekanan di dalamnya jadi meningkat.

Ketika aliran darah terus-terusan tidak normal, jantung tidak akan bekerja optimal untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Lama-kelamaan, jantung bisa mengalami kerusakan dan akhirnya mengalami penyakit jantung, bahkan gagal jantung.

Baca juga: Mengenali Problem Hipertensi, Gejala, dan Pemicunya

Selain itu, kondisi ini membuat berbagai organ di dalam tubuh berisiko tidak mendapatkan aliran darah yang cukup. Akhirnya, beberapa organ juga bisa rusak dan menimbulkan penyakit kronis.

Jaga tekanan darah normal, supaya terhindar dari penyakit

Seseorang dikatakan memiliki tekanan darah normal jika hasilnya menunjukkan angka kurang atau sama dengan 120/80 mmHg. Lebih dari itu, ia berisiko mengalami hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Memang, ketika lebih dari angka tersebut belum tentu kita mengalami hipertensi. Namun jika hasil tekanan darah telah menunjukkan lebih atau sama dengan 140/90 mmHg, kemungkinan besar mengalami hipertensi.

Baca juga: Apakah Tekanan Darah Tinggi dapat Disembuhkan?

Hipertensi sayangnya tidak dapat disembuhkan tapi bisa dikendalikan. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal The Lancet menemukan bahwa pasien hipertensi yang dapat mengendalikan tekanan darahnya dengan baik, maka dapat terhindar dari berbagai penyakit kronis yang mematikan.

Dari penelitian tersebut diketahui bahwa beberapa risiko penyakit ikut turun seiring dengan penurunan tekanan darah, seperti:

  • Risiko penyakit jantung menurun 24 persen
  • Risiko stroke menurun 40 persen
  • Risiko kematian menurun sebanyak 21 persen

Sebaiknya mulai sekarang kamu memantau tekanan darah dengan melakukan pemeriksaan rutin. Memang, banyak yang mengira kalau hal ini merepotkan karena harus pergi ke dokter dulu untuk memeriksakan tekanan darah.

Namun, memantau tekanan darah bisa dilakukan di rumah kok. Sekarang ini sudah banyak alat pemeriksaan tekanan darah digital yang mudah digunakan.

Terapkan gaya hidup sehat agar tekanan darah tetap normal

Supaya memiliki tekanan darah normal, sebaiknya kita menerapkan gaya hidup sehat. Dimulai dari pemilihan makanan yang sehat, seperti menghindari makanan berlemak dan berkalori tinggi.

Alih-alih mengonsumsi makanan tersebut, kamu bisa memilih makanan yang kaya vitamin, mineral, serat, seperti sayur dan buah.

Baca juga: 7 Kebiasaan Sehat untuk Turunkan Tekanan Darah

Buat jadwal olahraga rutin, supaya lemak yang menumpuk di dalam tubuh bisa dibakar dan tidak menghambat aliran darah. Tak perlu ke gym atau pusat olahraga, kita bisa melakukan olahraga yang mudah seperti jogging di area rumah secara rutin.

Usahakan untuk melakukan aktivitas fisik setidaknya 30 menit per hari untuk menghindari tekanan darah melonjak tinggi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com