Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/11/2019, 17:53 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber Hypebeast

KOMPAS.com - Adidas akan membawa sepatunya ke ruang angkasa. Hal tersebut bakal terjadi setelah brand asal Jerman itu melakukan kerjasama dengan International Space Station (ISS) atau stasiun ruang angkasa internasional.

Dalam kerjasama itu, adidas akan mengekplorasi beberapa inovasi dalam produknya, sekaligus performanya di luar gravitasi Bumi. Ini menjadikan adidas sebagai brand pertama yang melakukan uji coba sepatu dalam kondisi khusus di luar angkasa.

Kerjasama akan dimulai dengan pengiriman pellet yang digunakan dalam bantalan Boost, beserta sepatunya ke laboratorium ISS menggunakan pesawat kargo SpaceX.

Astronot di ISS akan menguji apakah butiran pellet itu bisa dibuat di luar angkasa tanpa gravitasi. Menurut adidas, para peneliti percaya pengujian ini bisa dipakai untuk meningkatkan performa dan kenyamanan sepatu.

"Kondisi unik di luar angkasa akan menyediakan lingkungan ideal untuk menemukan hal-hal baru yang belum kita ketahui," ujar wakil presiden Programs and Partnerships ISS, Christine Kretz.

"Contohnya, kondisi tanpa gravitasi adalah kondisi satu-satunya dimana kita bisa mengamati perilaku bola yang berputar tanpa mempengaruhi alirannya. Hal-hal seperti itu tidak bisa dilakukan di Bumi,"paparnya.

Adidas juga berencana mempelajari dari para astronot soal performa sepatunya lewat aktivitas astronot. Mereka berharap bisa mengaplikasikan temuannya untuk menciptakan sepatu yang memiliki performa lebih tinggi.

Kerjasama antara adidas dengan ISS ini rencananya dimulai tahun 2020, sehingga hasilnya mungkin baru bisa kita gunakan beberapa tahun ke depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com