Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/01/2020, 09:36 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Salah satu cara untuk mengatasi masalah bau badan adalah dengan menggunakan deodoran. Akan tetapi, memilih produk deodoran yang cocok memang bukan perkara mudah. Terlebih bagi mereka yang termasuk orang-orang dengan kulit sensitif.

Pasalnya, kandungan bahan kimia dalam deodoran dapat membuat kulit teriritasi bahkan menimbulkan risiko kondisi kesehatan tertentu. Sebagai solusinya, kamu dapat membuat deodoran alami di rumah guna mencegah bau badan.

Selain mengurangi iritasi kulit ketiak, penggunaan deodoran alami juga dapat menghemat pengeluaran. Kendati demikian, sebelum memutuskan untuk membuatnya, ada beberapa bahan utama yang bisa kamu gunakan untuk membuat deodoran dari bahan-bahan alami.

1. Baking soda

Ilustrasi baking sodaEKramar Ilustrasi baking soda
Baking soda dikenal dengan kemampuannya dalam menyerap bau yang tidak sedap. Tak ayal bila kemampuan tersebut membuat baking soda menjadi bahan deodoran alami yang paling populer guna mengatasi bau badan.

Meski sudah banyak penelitian yang membuktikan manfaat baking soda secara umum, sayangnya masih sangat sedikit penelitian ilmiah yang secara khusus membahas tentang soda kue sebagai deodoran alami guna mencegah bau badan.

Namun, ada salah satu studi yang menunjukkan bahwa baking soda mengandung zat antimikroba, yang dapat membantu melawan bakteri penyebab bau badan.

Penasaran ingin mencoba baking soda untuk menghilangkan bau badan? Berikut adalah langkah membuat deodoran alami menggunakan soda kue:

  • Dalam sebuah mangkuk kecil, campurkan ¼ sendok teh dan air hangat secukupnya. Aduk merata hingga menjadi pasta kental.
  • Oleskan pasta tersebut pada area ketiak.
  • Pastikan pasta yang dioleskan ke ketiak sudah kering sempurna sebelum mengenakan pakaian.

Jika kamu memiliki kulit yang cukup sensitif terhadap soda kue, sebaiknya perlu berhati-hati. Pasalnya, kamu bisa berisiko mengalami dermatitis.

Maka dari itu, apabila mengalami iritasi kulit, sebaiknya segera hentikan penggunaan baking soda sebagai deodoran alami.

Baca juga: Bau Badan Tak Hilang dengan Deodoran, Apa Sebabnya?

2. Tea tree oil

Minyak esensial tea tree Amy_Lv Minyak esensial tea tree
Jenis deodoran alami lainnya bisa berasal dari tea tree oil. Ya, tea tree oil mengandung zat antibakteri yang berperan membunuh bakteri penyebab bau badan tidak sedap.

Meski dapat menimbulkan rasa perih ketika dioleskan pada area ketiak, mengoleskan tea tree oil sebagai bahan deodoran alami patut dicoba di rumah.

Jika memiliki kulit sensitif, kamu bisa coba mengecek terlebih dahulu apakah kulitmu memiliki alergi terhadap tea tree oil atau tidak. Kamu cukup mengoleskan tea tree oil ke punggung tangan dan menunggu reaksinya selama 24 jam setelah mengoleskannya.

Baca juga: Kesalahan Umum Menggunakan Deodoran

3. Cuka apel

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com