Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Masih Ada Orang Enggan Memakai Masker Selama Pandemi Covid-19?

Kompas.com - 08/06/2020, 23:35 WIB
Bestari Kumala Dewi

Editor

KOMPAS.com - Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS merekomendasikan semua orang untuk memakai masker wajah di ruang publik, demi mengurangi risiko penyebaran virus corona.

Namun, ini bukanlah hal mudah. Pasalnya, sebagian orang menolak gagasan memakai masker meskipun sedang menghadapi ancaman Covid-19.

Penggunaan masker terutama membantu mencegah penyebaran virus, dari orang yang mungkin telah terinfeksi tetapi tidak menunjukkan gejala Covid-19.

Baca juga: Face Shield atau Masker, Mana Lebih Efektif Tangkal Covid-19?

Tetapi, informasi yang keliru, kepentingan politik, hingga kecemasan justru mendorong sebagian orang enggan memakai masker wajah.

Stasiun TV yang berafiliasi dengan ABC, KSAT baru-baru ini bertanya kepada pemirsa tentang alasan mengapa mereka tidak memakai masker wajah di depan umum. Berikut empat respons paling umum yang dijelaskan oleh para ahli kesehatan:

1. Kondisi Kesehatan

Dilansir Medical Daily, Ruth Berggren, dari UT Health San Antonio, mengatakan beberapa orang tidak dapat menggunakan masker wajah selama pandemi Covid-19 karena masalah kesehatan.

Di San Antonio, pihak berwenang mengizinkan penduduk untuk tidak menutupi wajah mereka setiap saat jika mereka menderita asma, autisme, dan memiliki masalah kesehatan mental.

2. Informasi Keliru

Psikolog Eboney Jackson mengatakan, sebagian orang lainnya menolak untuk memakai masker wajah karena laporan sebelumnya mengklaim masker wajah hanya diperlukan untuk para pekerja garis depan dan mereka yang berisiko tinggi terinfeksi.

"Awalnya, ketika hal ini mulai terjadi, kami diberitahu bahwa masker benar-benar untuk orang yang sakit," kata Jackson kepada KSAT.

"Itu diperlukan agar kamu tidak membuat orang lain sakit, sehingga kita yang sehat tidak perlu memakai masker. ‘Simpan masker untuk petugas kesehatan.’ Tapi sekarang, ‘Semua orang harus memakai masker wajah.’ ”

Baca juga: Riset: Pakai Masker Kurangi Penularan Covid-19 Sampai 75 Persen

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com