Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengguna Twitter Ejek Tabir Surya Mark Zuckerberg

Kompas.com - 21/07/2020, 10:59 WIB
Gading Perkasa,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Foto Mark Zuckerberg yang sedang berseluncur di perairan biru Hawaii menjadi viral. Bukan kegiatan santai CEO Facebook itu yang diperbincangkan warganet, tetapi tabir surya putih yang dipakainya.

Warganet menilai Zuckerberg memakai tabir surya secara berlebihan sampai menyerupai topeng.

Memakai hoodie biru miliknya, Zuckerberg menantang ombak bersama peselancar pro Kai Lenny dan pasukan penjaga keamanan di belakangnya. Papan selancar yang dipakainya bisa dikendalikan dari jarak jauh senilai 12.000 dollar AS (sekitar Rp 177 juta).

"Apa gunanya menjadi kaya jika seperti ini penampilanmu saat berselancar?" begitu komentar CEO situs olahraga Barstool Sports, Dave Portnoy, bersama foto close-up Zuckerberg yang memakai tabir surya.

"Mark Zuckerberg mengambil tips aplikasi tabir surya dari Mrs. Doubtfire," tulis seorang pengguna Twitter, merujuk adegan dalam film komedi 1993, Mrs. Doubtfire yang diperankan oleh Robin Williams.

Baca juga: Pakai Tabir Surya Terlalu Banyak, Mark Zuckerberg Jadi Mirip Joker

Netizen juga mencemooh Zuckerberg karena tampak seperti "hakim Prancis abad ke-17," "Phantom of the Opera" Andrew Lloyd Webber, dan karakter Death dari film klasik "The Seventh Seal."

Sebagian orang juga membandingkan kemiripannya dengan ikon budaya pop lainnya: Joker dari "Batman," hantu dari favorit penggemar anime "Spirited Away" dan yang sesuai bisnis Zuckerberg dalam mengurus bisnis orang lain, karakter Data dari "Star Trek."

Pemilik akun @BornMiserable menjulukinya "Surfer Mime", bersama gambar hasil editan Photoshop yang memperlihatkan Zuckerberg memakai kemeja bergaris.

Tetapi tidak semua pengguna Twitter mengatakan hal buruk terkait tabir surya Zuckerberg.

Meski terkesan berlebihan, sebagian netizen menyebut jika tabir surya yang dipakai petinggi Facebook tersebut adalah mineral sunscreen yang dikenal lebih ramah lingkungan dan memiliki formula aman untuk kulit sensitif.

Baca juga: Benarkah Berkulit Gelap Tak Butuh Tabir Surya?

Jenis tabir surya ini diketahui tidak terlalu menyerap dan akan meninggalkan bekas putih saat digunakan, karena teksturnya lebih kental dari tabir surya biasa.

CEO Facebook, Mark Zuckerberg.Facebook CEO Facebook, Mark Zuckerberg.

"Itu adalah tabir surya mineral, yang tidak menyerap dan tampak putih pucat pada kulit. Jika kamu tidak menggunakan tabir surya mineral, kamu bisa menyakiti kehidupan laut. Tidak tahu apakah kamu peduli, tapi dia begitu," tulis @KatjaMarjetic.

Penelitian menunjukkan, zat kimia bernama oxybenzone dan octinoxate yang banyak dipakai dalam berbagai produk tabir surya karena mampu menyerap sinar ultraviolet yang berbahaya.

Namun, zat-zat kimia tersebut berdampak sangat buruk bagi terumbu karang dan bersifat racun bagi hewan-hewan laut.

Nah, produk tabir surya yang dipakai Zuckerberg justru lebih aman untuk lingkungan laut.

Baca juga: Mengapa Tabir Surya Berbahaya untuk Terumbu Karang dan Ikan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com