Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ulang Tahun Ke-5, Buttonscarves Ungkap Cara Hadapi Kejenuhan dalam Berbisnis

Kompas.com - 31/03/2021, 16:44 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Menjalani bisnis secara konsisten bukanlah hal yang mudah, apalagi jika bisnis tersebut sudah berjalan selama beberapa tahun.

Tak terkecuali brand gaya hidup yang dikenal dengan koleksi scarf-nya, Buttonscarves. Brand yang menginjak usia lima tahun pada Rabu (31/3/2021) ini juga pernah mengalami masa-masa sulit dalam perjalanan bisnisnya.

Salah satunya adalah kejenuhan (burnout).

Momen seperti itu tak jarang membuat tim pengembangan produk Buttonscarves menghadapi kebuntuan dalam menghasilkan desain produk.

Namun, salah satu cara untuk mengatasinya adalah mencari referensi baru dari luar kantor.

"Intinya cari referensi atau ide-ide baru enggak cuma melalui internet saja," ungkap VP Marketing & Brand Strategy Buttonscarves, Kanya Trihapsari kepada Kompas.com.

Bepergian atau traveling menjadi salah satu cara bagi Buttonscarves mencari ide-ide segar untuk diimplementasikan ke dalam produk mereka.

Inspirasi tak melulu harus didapatkan dengan bepergian ke luar negeri saja, tetapi juga bisa didapatkan dari daerah sekitar.

"Karena pandemi, (traveling) ke kota-kota terdekat dari Jakarta bisa banget, sih. Misalnya, kalau lagi jalan ke taman terus dapat inspirasi itu juga bisa banget," ucap Kanya.

Baca juga: Tetap Diserbu Meski Mahal, Ini Rahasia Buttonscarves

Berawal dari scarf

Buttonscarves, seperti namanya, berawal dari produk scarf.

Beberapa waktu lalu, Creative Director Buttonscarves, Linda Anggrea mengungkapkan bahwa dirinya sempat kesulitan menemukan hijab modis berkualitas saat baru memutuskan berhijrah.

Pada titik itulah ia termotivasi untuk membuat brand hijab sendiri sehingga di 2016 Buttonscarves pun berdiri.

"Saat itu aku baru pakai hijab, susah menemukan hijab yang enak dipakai dan bikin semakin pede (percaya diri)," katanya ketika ditemui di thematic store Buttonscarves di Jakarta.

Brand ini punya kiprah yang cukup inspiratif di bidang mode.

Buttonscarves sempat menyabet penghargaan The Best Valueable Brand in 2019 dari Hijup dan The Best Brand in Modest Fashion Category 2021 dari Zalora Indonesia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com