Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/06/2022, 15:12 WIB
Anya Dellanita,
Wisnubrata

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Penuaan sebenarnya bergantung pada baik buruknya gaya hidup. Pengaruh genetik pun hanya sekitar 7 persen saja.

Untuk itu, dokter bersertifikat Emergency Medicine and Lifestyle Medicine Ritu Saluja-Sharma, M.DS memberi tips untuk menerapkan gaya hidup sehat dan memaparkan beberapa kebiasaan yang membuat seseorang menua lebih cepat.

Berikut daftarnya, seperti dilansir dari Eat This Not That.

Kebanyakan junkfood

Menurut Sharma, sebuah survei menyatakan bahwa 75% orang Amerika berpikir bahwa mereka mengonsumsi makanan sehat, namun kenyataannya, mereka tidak makan cukup buah, sayuran, serat, atau nutrisi.

Padahal, makanan yang kita makan sangat terkait dengan seberapa cepat kita menua, risiko terkena penyakit kronis, dan mengganggu kesehatan fisik dan mental.

Misalnya, makan makanan tinggi gula, makanan cepat saji, lemak jenuh, karbohidrat olahan, dan makanan olahan lainnya dapat meningkatkan peradangan yang membuat penuaan terjadi lebih cepat.

Untuk itu, cobalah lebih sering memakan makanan anti-inflamasi dan kaya nutrisi, seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, lentil,dan biji-bijian agar risiko terkena penyakit kronis menurun dan menua lebih lambat.

Baca juga: 10 Kebiasaan Buruk yang Picu Penuaan Dini

Kurang tidur

Tidur sangat penting untuk kesehatan fisik dan mental.

Jadi, menguranginya tidak hanya akan meningkatkan risiko penyakit dan berdampak negatif pada kualitas hidup, tetapi juga akan membuat kita menua sebelum waktunya.

Bahkan faktanya, tikus yang kurang tidur saja bisa mati sebelum waktunya hanya dalam beberapa minggu.

Perlu diketahui, ketika kita tidur, tubuh akan memperbaiki sel-selnya, dan memulihkan energinya, sementara otak membersihkan racun dan limbah dalam tubuh.

Karena itu, kuantitas atau kualitas tidur yang tidak memadai akan membuat kita lebih cepat menua.

Kurang bergerak

Meski tidak pergi ke gym setiap hari, orang-orang yang panjang umur selalu hidup aktif, sehingga aktivitas fisik telah menjadi bagian dari rutinitas harian mereka.

Sebaliknya, justru banyak dari kita yang menghabiskan hari dengan duduk. Padahal, gaya hidup banyak diam seperti ini dapat meningkatkan peradangan, yang akan mempercepat penuaan.

Nah idealnya, kita perlu menyediakan waktu untuk berolahraga setidaknya 5 kali seminggu dengan waktu 30-60 menit sehari.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com