Kompas.com - 02/12/2021, 12:41 WIB

KOMPAS.com – Semua orang tentu ingin selalu terlihat awet muda. Sayangnya, penuaan tetap tak bisa dihindari, tak peduli seberapa besar kita menginginkannya.

Namun demikian, proses penuaan masih bisa diperlambat. Nah, untuk itu, tentu kita harus menghindari berbagai kebiasaan buruk yang membuat penuaan datang lebih cepat.

  • Mengigit kuku

Michael Hirt, Board Certified Nutrition dari Harvard University, mengatakan, memasukan jari ke mulut dapat menjadi jalan masuk bagi berbagai virus, apalagi di masa pandemi seperti ini.

Baca juga: Rajin Pakai Eye Cream Efektif Cegah Penuaan Dini, Benarkah?

Perlu diingat, mulut manusia juga dipenuhi dengan bakteri berbahaya, dan menggigit ujung jari juga dapat menyebabkan penyakit yang sangat berbahaya. Pasalnya, organisme akan masuk ke dalam tubuh.

Jadi jika masih melakukannya, pakailah sarung tangan katun sesering mungkin untuk mengingatkan diri sendiri agar menghentikan kebiasaan buruk ini.

  • Gula, alkohol, dan merokok

Menurut Dr. Hirt, tiga trio beracun ini akan membuat penampilan bertambah tua beberapa tahun.

Selain itu, semua orang tentu sudah memahami bahwa kebiasaan tersebut dapat memperpendek usia seseorang.

Kendati demikian, saat stres karena bakerja, uang, atau mengalami masalah keluarga, trio inilah yang kerap jadikan pelarian untuk membuat diri merasa lebih baik.

Namun perlu diingat, efek buruk dari tiga trio ini bisa berlangsung selama bertahun-tahun.

“Setelah 25 tahun praktik medis, saya belum pernah bertemu orang di atas 40 tahun yang bisa minum alkohol atau makan gula setiap hari tanpa adanya konsekuensi di tubuh, atau di hasil tes lab mereka."

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.