Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

17 Kutipan Para Tokoh untuk Membantu Menghadapi Insecure

Kompas.com - 10/01/2023, 15:44 WIB
Gading Perkasa,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Demi meraih kesuksesan, dibutuhkan rasa percaya diri dan harga diri yang positif.

Jika kita merasa terbebani oleh rasa insecure, maka kesuksesan itu akan sulit untuk dicapai.

Sejatinya, setiap individu memiliki sesuatu yang membuat mereka insecure. Tapi, orang yang tetap bangkit dan maju --meski merasa insecure-- adalah mereka yang akan bersinar terang pada akhirnya.

Berikut 17 kutipan untuk membantu memotivasi diri dalam menghadapi insecure, dikutip laman Inc.com.

1. Menjadi diri sendiri di dunia yang terus-menerus berusaha menjadikanmu sesuatu yang berbeda adalah pencapaian terbesar. (Ralph Waldo Emerson, penyair)

2. Terlepas dari apa yang kita rasakan, cobalah selalu terlihat seperti pemenang. Meskipun kita tertinggal, kontrol dan kepercayaan diri yang berkelanjutan dapat memberi kita keunggulan mental yang menghasilkan kemenangan. (Diane Arbus, fotografer)

3. Kita semua memiliki keterbatasan, tetapi ketika kita mendengarkan kritik, kita juga bisa menambah keterbatasan itu. (Robert Breault, penyanyi opera)

4. Hidup tidak mudah bagi siapa pun. Tapi apa masalahnya dengan itu? Kita harus memiliki ketekunan, dan di atas segalanya, keyakinan pada diri kita.

Kita harus percaya kita berbakat untuk sesuatu, dan, berapa pun harganya, sesuatu itu harus dicapai. (Marie Curie, ilmuwan)

5. Kamu sudah mengkritik diri sendiri selama bertahun-tahun, dan itu tidak berhasil. Cobalah untuk menerima diri dan lihat apa yang terjadi. (Louise L. Hay, pengarang)

6. Manusia sering menjadi apa yang dia yakini. Jika saya terus berkata pada diri sendiri bahwa saya tidak dapat melakukan hal tertentu, mungkin saya akan berakhir dengan benar-benar tidak mampu melakukannya.

Sebaliknya, jika saya yakin bisa melakukan hal itu, saya memperoleh kemampuan untuk melakukannya meski kemampuan itu tidak ada pada awalnya. (Mahatma Gandhi, pemimpin spiritual dan politikus)

7. Keyakinan pada tubuh, pikiran, dan jiwa kitalah yang memungkinkan kita untuk terus mencari petualangan baru. (Oprah Winfrey, pembawa acara televisi)

Baca juga: Insecure, Definisi, Penyebab, dan Dampak serta Cara Mengatasinya

8. Percayalah pada dirimu sendiri. Percayalah pada kemampuanmu. Tanpa keyakinan yang rendah hati mengenai kekuatanmu, kamu tidak bisa sukses atau bahagia. (Norman Vincent Peale, pastor)

9. Kesalahan terbesar yang dapat dibuat dalam hidup adalah terus-menerus merasa takut bahwa kamu akan melakukannya. (Elbert Hubbard, penulis)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com