Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/07/2023, 07:14 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Bayi tabung atau biasa juga disebut sebagai In Vitro Fertilization (IVF) menjadi harapan banyak pasangan suami istri dengan gangguan kesuburan.

Mendiang penyanyi Coco Lee termasuk pesohor yang juga berjuang untuk mendapatkan keturunan. Ia dan suaminya dikabarkan telah mencoba program IVF sampai 9 kali namun semuanya tidak membuahkan keberhasilan.

Sebenarnya, sampai seberapa banyak pasutri bisa mencoba melakukan program bayi tabung jika mengalami kegagalan?

Dijelaskan oleh pakar fertilitas dr.Batara Imanuel Sirait Sp.OG-KFER, berapa kali program IVF bisa dicoba tergantung pada faktor kegagalannya.

"Kalau untuk stimulasi hormonal untuk merangsang jumlah sel telur, tidak ada aturan yang strict. Selama pasien sehat, semua baik-baik saja, bisa diulang lagi. Kalau diulang sampai 9 kali sudah sering kami dengar, bahkan ada yang lebih," kata dokter yang berpraktik di klinik Morula IVF Jakarta ini.

Baca juga: 4 Alasan Pasutri Perlu Menjalani Program Bayi Tabung

Stimulasi hormonal dilakukan dengan serangkaian penyuntikkan, sekitar 8-10 kali, untuk merangsang sel telur. Dalam proses natural hanya dihasilkan satu sel telur dan dengan stimulasi hormon diharapkan sel telur menjadi lebih banyak.

"Tujuan penyuntikan ini supaya dapat lebih dari satu sel telur sehingga dapat kesempatan mengambil sel telur lebih banyak dan punya kesempatan lebih besar untuk menjadi embrio,"papar dokter Batara.

Sementara itu, jika kegagalan terjadi saat penanaman, maka bisa diulang lagi dengan menggunakan cadangan embrio yang ada.

Proses bayi tabung saat ini memiliki angka keberhasilan cukup tinggi, berkisar 30-40 persen. Meski begitu, tak sedikit pasutri yang mengalami kegagalan.

Menurut dokter Batara, selama pasien dalam monitoring yang baik dan tidak timbul masalah karena proses penyuntikan hormon, maka proses bayi tabung bisa diulang.

Baca juga: Teknologi Terkini Deteksi Kelainan pada Bayi Tabung

Ia mengatakan, penting bagi pasutri untuk mempersiapkan fisik dan mental sebelum menjalani program IVF.

"Jaga berat badan, berhenti merokok dan alkohol, gizi seimbang, hingga waktu tidur harus diperhatikan. Tak kalah penting adalah kesiapan finansial karena program IVF tidak murah," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com