Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/09/2023, 20:00 WIB
Dinno Baskoro,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebuah peternakan di Inggris memiliki pelayanan menarik untuk pengunjung bisa cuddling dengan sapi-sapi yang ada di sana. 

Peternakan itu bernama Dumble Farm, dan letaknya berada di dataran tinggi Beverly, East Riding of Yorkshire.

Sebelumnya, cuddling dengan sapi telah menjadi tren yang semakin populer di Amerika Serikat, Inggris hingga Belanda dalam satu dekade terakhir.

Pelayanan itu pun semakin populer karena dianggap bisa memberikan manfaat kesehatan yang tidak hanya bagi pengunjung, tapi juga untuk sapi itu sendiri.

Aktivitas cuddling dengan sapi yang diberikan Dumble Farm tak hanya sebatas memeluk, tapi juga menghabiskan waktu dengan sapi, mengelus, memandikan, menyikat atau sekadar berbaring dengan sapi-sapi yang jinak.

"Beberapa orang mengakui mengikuti sesi ini hanya karena ingin lebih dekat dengan sapi, serta mencari tahu karakternya," kata Fiona Wilson, pendiri Dumble Farm, seperti dilansir Agriland.

Baca juga: Berapa Lama Durasi Cuddling Paling Ideal? 

Aktivitas seperti cuddling dengan sapi atau interaksi manusia dengan hewan ternak dapat menjadi pengalaman yang menarik dan menawarkan efek relaksasi.

Menurut laman Austin Fit Magazine, kontak fisik dengan hewan seperti sapi, dapat memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan mental, termasuk mengurangi stres dan memperbaiki suasana hati.

Hal itu pun sudah dibuktikan melalui jurnal yang diterbitkan oleh Harvard Health Publishing.

Studi tersebut melaporkan, ketika seseorang berada di dekat hewan, manfaatnya bisa membantu menurunkan hormon kortisol penyebab stres.

Pada gilirannya, situasi sederhana seperti berpelukan dapat membantu meningkatkan pelepasan oksitosin yang berdampak pada pengurangan tingkat stres dan perilaku positif.

Lebih dari itu, Pusat Pengendalian dan Pencegaha Penyakit (CDC) AS juga mengatakan, berinteraksi dengan hewan dapat membantu mengurangi perasaan kesepian.

Hewan ternak seperti sapi yang berukuran besar juga memiliki detak jantung yang lebih lambat, yang pada gilirannya dapat memberikan perasaan nyaman.

Di sisi lain, cuddling dengan sapi juga memberikan manfaat tersendiri bagi sapi tersebut.

Menurut laporan dari jurnal Applied Animal Behavior Science menunjukkan, membelai sapi bisa membuat sapi merasa lebih rileks.

Efek tersebut dinilai sangat positif bagi kesejahteraan sapi atau bagi orang yang peduli dengan lingkungan dan hewan. 

Baca juga: 6 Hewan Peliharaan Mungil, Cocok Jadi Teman Cuddling

Layanan cuddling dengan sapi dari Dumble Farm

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com