Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaat Naik Turun Tangga untuk Latih Otot Jantung

Kompas.com - 21/10/2023, 17:00 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Rutin berolahraga merupakan salah satu cara untuk mencegah penyakit jantung. Jenis latihan yang bisa kita lakukan secara sederhana adalah naik turun tangga.

Studi terbaru menyebutkan, naik turun tangga secara teratur bisa menurunkan secara signifikan risiko gangguan jantung, termasuk penyakit jantung akibat penyempitan pembuluh darah, jantung koroner, dan stroke.

“Menaiki tangga dalam waktu singkat dengan intensitas tinggi adalah cara yang efisien waktu untuk meningkatkan kebugaran jantung dan profil lipid, terutama bagi mereka yang tidak dapat mencapai rekomendasi aktivitas fisik,” kata penulis studi Lu Qi, MD, PhD, seorang profesor di Fakultas Kesehatan Masyarakat dan Kedokteran Tropis Universitas Tulane.

Studi yang dilakukannya memberi bukti bahwa naik tangga bisa menjadi jenis latihan yang hemat waktu untuk mencegah penyakit jantung.

Baca juga: Kenali Tanda-tanda Nyeri Dada akibat Serangan Jantung atau Gejala Lain

Jumlah anak tangga yang harus dinaiki sebenarnya tergantung pada desain dan jenis bangunannya, tetapi rata-rata yang dibutuhkan sekitar 13-16 langkah setiap hari.

Dokter jantung Vignesh Raghunath mengatakan, naik turun tangga termasuk dalam jenis aktivitas fisik yang meningkatkan detak jantung.

Ketika detak jantung meningkat karena kita berlari, bersepeda, atau naik tangga, hal ini akan menguatkan otot jantung dan membuatnya lebih efisien memompa darah dan oksigen ke seluruh tubuh.

"Meningkatkan detak jantung lewat olahraga juga membantu menurunkan tekanan darah, gula darah, serta kadar kolesterol, yang semuanya adalah faktor risiko penyakit jantung,"kata Raghunath.

Baca juga: 5 Cara Terbaik untuk Turunkan Kadar Kolesterol

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com