Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Warna yang Cocok Dikenakan Jika Kamu Memiliki Kulit Cerah

Kompas.com - 16/01/2024, 18:18 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber Best Life

KOMPAS.com - Mereka yang memiliki kulit cerah atau cenderung putih, pasti tahu bahwa menemukan warna yang cocok bisa gampang-gampang susah. 

Kita semua ingin tampil menarik dan tidak membosankan, tetapi juga tidak kelihatan berlebihan. Nah agar tidak salah warna kostum, para stylist punya beberapa rekomendasi warna terbaik untuk mereka yang berkulit cerah.

"Palet warna untuk orang berkulit putih membutuhkan pemilihan yang cermat. Kuncinya adalah menemukan warna yang seimbang," kata Elizabeth Kosich, pendiri Elizabeth Kosich Styling. 

Baca juga: 7 Warna Terbaik untuk Dipasangkan dengan Jeans

Untuk membantu mencapai "jalan tengah" alias keseimbangan itu, Kosich menyarankan untuk menggunakan warna-warna tertentu. Apa saja rekomendasinya?

1. Biru laut

Satu warna yang tidak akan salah untuk dikenakan jika ingin tampil menarik adalah biru tua. Warna yang dalam ini memberikan kontras yang bagus, dan seringkali lebih pantas dipakai daripada warna hitam.

“Di dunia di mana warna hitam telah menjadi warna untuk bagi hampir semua orang, orang-orang berkulit cerah harus mencari alternatif agar tampil menawan. Hitam terlalu kuat untuk kulit yang cerah atau pucat dan membuat pemakainya kewalahan,” kata Kosich. 

"Sebaliknya, cobalah warna gelap yang lebih terang dan lebih cerah, yaitu biru laut. Ini masih merupakan warna netral, tetapi tidak akan membuat kamu tenggelam."

Jika kamu mengetahui warna kulitmu dengan tepat, kamu bisa lebih mempersempit pilihan. Mereka yang memiliki rona kulit hangat sebaiknya memilih warna biru tua yang cerah, dan mereka yang memiliki rona kulit dingin akan lebih cocok dengan warna biru midnight mendekati hitam.

Jika kamu tidak tahu rona kulitmu, Brigid Stasen, penata gaya di Bridge Your Style, merekomendasikan untuk mengunjungi konter kosmetik terkemuka, di mana ahli kosmetik profesional mungkin dapat membantu mengidentifikasi rona kulitmu secara gratis.

Ilustrasi abu-abu sebagai salah satu warna netral.FREEPIK Ilustrasi abu-abu sebagai salah satu warna netral.

2. Netral

Jika kamu tidak terbiasa memilih warna netral —karena takut warna tersebut akan terlihat membosankan dan kurang berkarakter— pertimbangkan kembali.

“Meskipun warna netral membosankan bagi sebagian orang, warna ini sangat menarik bagi orang berkulit putih—terutama yang eksotik dan berkulit terang,” jelasnya. 

"Cobalah warna kelabu tua daripada coklat, abu-abu timah daripada hitam arang, dan abu-abu stone daripada krem. Padukan dengan semburat warna yang selaras dan perhatikan bagaimana tampilanmu bersinar bagai bintang pertunjukan."

Stasen juga menyebut warna netral sebagai pilihan yang baik, khususnya jika kamu memiliki kulit cerah dengan rona kulit hangat.

Baca juga: 5 Pilihan Warna Busana yang Bikin Tampak Langsing, Selain Hitam

Ilustrasi perempuan dengan busana coklat Ilustrasi perempuan dengan busana coklat

3. Warna tanah

Sama seperti warna netral, warna tanah juga cocok untuk kulit cerah. Menurut Ra'el Cohen, salah satu pendiri ThirdLove, warna tanah seperti coklat camel dan coklat muda akan berpadu apik dengan kulit cerah.

“Warna-warna ini memberikan kontras lembut pada kulit putih, menciptakan tampilan yang hangat dan alami,” katanya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com