Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspada, Tren Foundation Dibakar Bisa Merusak Kulit

Kompas.com - 26/01/2024, 20:13 WIB
Dinno Baskoro,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sejumlah tren makeup yang nyeleneh kerap bertebaran di media sosial. Tak jarang, beberapa di antaranya kelewat ngaco sehingga berbahaya bagi kulit jika ditiru.

Salah satu tren yang sempat viral adalah foundation yang dibakar. Metode ini awalnya diunggah oleh salah satu kreator konten kecantikan di media sosial.

Pada tren tersebut, foundation yang hendak dioles ke wajah dibakar terlebih dahulu di atas sendok stainless dengan api kecil yang bersumber dari lilin.

Hal itu dilakukan sampai muncul gelembung dari proses pemanasan. Setelah makeup yang dibakar suhunya stabil, mereka mengoleskannya ke wajah seperti biasa.

Baca juga:

Usut punya usut, cara ini diterapkan sejumlah beauty influencer untuk menciptakan tampilan wajah yang lebih matte dan awet meskipun terkena air.

Mereka menganggap, suhu panas dari api kecil menghilangkan emolient dari kandungan makeup. Lalu, apakah tren ini tepat atau justru berbahaya?

Tren foundation dibakar berbahaya?

Bubah Alfian, seorang makeup artist kenamaan Tanah Air mengatakan, tren tersebut sangat berbahaya, bahkan bisa merusak kulit.

"Foundation dibakar itu menurut saya enggak boleh. Sebab, perbedaan suhu sedikit saja bisa mengubah tekstur. Di produknya juga ada bahan kimia yang mungkin bereaksi pada suhu panas dan ini berbahaya," kata Bubah saat ditemui Kompas.com di Jakarta, Sabtu (21/1/2024).

Baca juga:

Ia menceritakan, juga sempat berkonsultasi dengan sejumlah dokter kulit yang dikenalnya dan produsen produk makeup.

Kata Bubah, tren ini sempat mengkhawatirkan mereka karena efek jangka panjangnya bisa memicu kerusakan kulit.

"Mereka bilang kalau membakar foundation tidak direkomendasikan dan cara itu juga tidak dianjurkan karena bisa merusak kulit," paparnya.

Ia pun mengimbau para beauty enthusiast agar tidak mudaj terjebak pada tips-tips makeup yang viral di media sosial, tanpa mengecek ulang faktanya terhadap kesehatan.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com