Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketahui Manfaat Berolahraga untuk Meningkatkan Kesuburan

Kompas.com - 08/03/2024, 13:13 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Berolahraga secara rutin bisa menjadi salah satu aspek penting dalam membantu meningkatkan kesuburan pasangan suami istri yang ingin memiliki anak.

Dokter obgyn dan pakar fertilitas, Dr Binarwan Halim, MKed(OG), SpOG(K), FICS, mengatakan bahwa olahraga memiliki banyak manfaat kesehatan, terutama pada kesuburan.

Menurut dia, olahraga bisa meningkatkan hormon-hormon yang baik serta menurunkan sitokin-sitokin penyebab peradangan yang berdampak buruk bagi tubuh.

"Olahraga juga bisa meningkatkan aliran darah menjadi lebih bagus," terangnya saat acara konferensi pers Perfitri dan Merck di Jakarta, Kamis (7/3/2024).

"Dan yang terpenting, olahraga bisa meningkatkan sistem imun tubuh sehingga menjadi lebih kuat. Karena kalau orang sering sakit itu pasti kesuburannya juga tidak akan baik ya," ungkapnya.

Meski begitu, Dr Binarwan tidak menganjurkan pasangan untuk melakukan olahraga yang berat. Sebab, olahraga yang terlalu berat juga bisa menyebabkan seseorang mengalami gangguan kesuburan atau infertilitas.

"Seperti atlet maraton yang terlalu berat olahraganya bisa mengalami haid yang tidak teratur. Ini menjadi salah satu indikasi ketidaksuburan. Bukan berarti olahraga berat terus makin subur, tidak begitu ya," ujat dia.

Adapun olahraga yang disarankan untuk meningkatkan kesuburan adalah olahraga dengan intensitas yang rendah hingga sedang seperti berjalan kaki dan berlari biasa.

Untuk waktunya, olahraga dapat disesuaikan dengan berat badan masing-masing orang.

Baca juga: Berhubungan Seks di Pagi Hari Bisa Bikin Cepat Hamil, Benarkah?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com