Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Diet Mediterania Bisa Bantu Tingkatkan Kualitas Sperma

Kompas.com - 07/03/2024, 22:04 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kehamilan tidak hanya ditentukan oleh kuantitas sperma saat membuahi sel telur atau ovum, tetapi kualitas sperma juga dapat berpengaruh besar.

Untuk itu, menjaga kualitas sperma dalam keadaan yang baik sangatlah penting. Hal ini bisa dilakukan terutama melalui pola makan yang sehat dan juga bergizi.

Ditemui usai acara konferensi pers Perfitri dan Merck di Jakarta, dokter obgyn dan pakar fertilitas, Dr Binarwan Halim, MKed(OG), SpOG(K), FICS, menyarankan satu pola makan yang dinilai dapat meningkatkan kualitas sperma.

Baca juga:

Pola makan tersebut adalah diet Mediterania yang kaya protein dan serat.

"Ya, jadi ada yang namanya diet Mediterania. Itu bagus untuk meningkatkan kualitas sperma," katanya kepada Kompas.com di Jakarta, Kamis (7/3/2024).

Dokter Binarwan menjelaskan bahwa diet ini berfokus pada makanan tinggi protein hewani seperti ikan dan daging.

Tidak hanya itu, diet ini juga mengedepankan makanan yang mengandung protein nabati seperti kacang-kacangan, tahu serta tempe.

"Kecambah atau toge itu bagus untuk meningkatkan kualitas sperma," tambahnya.

Sedangkan untuk asupan yang sebaiknya dihindari jika ingin meningkatkan kualitas sperma menruut Dr Binarwan adalah asupan yang manis, bahkan buah-buahan yang terlalu manis sekalipun.

"Makan buah-buahan yang manis juga harus dibatasi, karena di situ ada advanced glycation end products (AGEs) yang merupakan zat oksidatif stres. Apabila menempel pada sel-sel tubuh, itu juga akan merusak sel sperma," terangnya.

Baca juga:

Selanjutnya, Dr Binarwan juga meganjurkan untuk menghindari makanan yang mengandung terlalu banyak minyak seperti gorengan.

Ia pun tidak menyarankan minyak zaitun (olive oil) digunakan untuk memasak atau menggoreng makanan. Sebab, kualitas minyak akan berkurang dan bisa berdampak kurang baik pada sel-sel sperma.

@kompas.lifestyle Siapa yang suka pakai aplikasi kencan?? 8 aplikasi ini ternyata yang paling banyak digunakan di Indonesia? Dalam survei terbaru dari Populix yang bertajuk Indonesian Usage Behavior and Online Security on Dating Apps, terungkap bahwa 63 persen responden dari total 1.165 orang menyatakan adalah pengguna aplikasi kencan online. Kalo kamu, aplikasi kencan mana nih yang pernah dipakai atau palinh kamu sukain? #aplikasikencan #kencan #datingapp #lifestyle ? suara asli - L
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com