Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Cepat Hamil? Rutin Makan Alpukat Bisa Tingkatkan Kesuburan

Kompas.com - 25/10/2023, 11:37 WIB
Dinno Baskoro,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Buah alpukat dikenal sebagai makanan super yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, salah satunya baik untuk kesuburan.

Pasangan suami istri yang ingin lebih cepat mendapatkan momongan sepertinya perlu mempertimbangkan asupan alpukat sebagai salah satu pilihan.

Menurut penelitian yang diterbitkan jurnal Nutrients, para ahli menemukan fakta bahwa alpukat dapat dikonsumsi sebagai nutrisi yang baik untuk meningkatkan peluang kehamilan.

Baca juga: Kulit Pisang dan Alpukat Perlu Dicuci, Ini Alasannya

Fakta alpukat dalam meningkatkan kesuburan

Buah alpukat sebenarnya memiliki sumber nutrisi yang dibutuhkan untuk wanita hamil, seperti folat, potasium, serat hingga antioksidan.

Tapi bagi pasutri yang ingin meningkatkan peluang kehamilan, tak ada salahnya jika rutin mengonsumsi buah alpukat.

Dalam penelitian di jurnal Nutrients itu, para ahli meninjau data yang membandingkan wanita yang mengikuti diet Mediterania (kaya makanan nabati, kacang-kacangan dan lemak sehat termasuk alpukat) dengan rekomendasi diet di Amerika Serikat untuk wanita hamil.

Hasil penelitian membuktikan, wanita yang mengikuti diet Mediterania dapat hamil lebih mudah, janin yang dikandungnya lebih sehat dan lebih sedikit mengalami kecacatan.

Dilansir dari laman made for mums, penelitan lain yang meninjau data dari pasutri yang mencoba program hamil melalui metode in vitro fertilization (IVF) atau bayi tabung menyebutkan, peluang kehamilan bisa meningkat 3 kali lipat jika wanita lebih banyak mengonsumsi lemak sehat, seperti yang ditemukan dalam alpukat, minyak zaitun, biji-bijian dan kacang-kacangan.

Para ahli percaya, manfaat alpukat dalam meningkatkan peluang kehamilan itu disebabkan oleh kandungan lemak tak jenuh tunggal yang bermanfaat dalam menurunkan peradangan di dalam tubuh.

Sementara itu, tingkat peradangan yang lebih rendah berpotensi meningkatkan kesuburan wanita.

"Jenis makanan terbaik untuk dikonsumsi adalah alpukat, karena mengandung lemak tak jenuh tunggal dan makanan lain yang serupa adalah minyak zaitun," papar Profesor Jorge Chavarro, pemimpin penelitian tersebut.

Baca juga: Sumber Lemak Sehat, Ini 9 Manfaat Alpukat bagi Tubuh 

Alpukat untuk kesuburan pria

Ilustrasi pria makan alpukatUnsplash Ilustrasi pria makan alpukat

Manfaat alpukat dalam meningkatkan kesuburan rupanya tak hanya bermanfaat bagi wanita, tapi juga pria.

Mengutip laman Allo Health, alpukat kaya akan vitamin dan mineral penting untuk produksi sperma yang sehat.

Misalnya kandungan vitamin E, vitamin C dan antioksidan lain yang bertindak dalam mengurangi stres oksidatif dan mencegah kerusakan sperma.

Alpukat juga memiliki vitamin K, folat dan potasium yang semuanya berperan penting dalam menjaga fungsi sperma tetap optimal dalam proses pembuahan.

Sebuah penelitian menunjukkan, pria yang mengonsumsi alpukat secara rutin memiliki jumlah sperma yang lebih tinggi dan kualitasnya lebih baik daripada mereka yang tidak.

Para peneliti pun setuju, efek tersebut tak lepas dari kandungan lemak tak jenuh tunggal yang ditemukan dalam alpukat, yang dikaitkan dengan peningkatan kesehatan reproduksi.

Baca juga: Trik Simpan Alpukat dalam Rendaman Air Tidak Aman, Apa Solusinya? 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com