Salin Artikel

Secangkir Espresso On The Rock dari 3 Biji Kopi Berbeda, Pas!

Karena itu, kopi pun punya ragam campuran dan varian. Salah satu varian sajian kopi yang tak pernah lekang adalah espresso. 

Espresso berasal ekstrak dari biji kopi yang diproses dengan mesin tekanan tinggi. Oleh karena itu, bisa dibilang bahwa espresso adalah sari dari biji kopi yang padat dan kental.

Dalam bahasa Italia, espresso berarti express atau "cepat" karena dibuat untuk disajikan dengan segera kepada pelanggan.

Espresso sering digunakan sebagai bahan campuran untuk membuat kopi lain, misalnya, cappucino, flat white, hingga latte.

Tapi, espresso sebenarnya bisa diminum tanpa campuran, dan pasti enggak kalah nikmat. Crema berwarna keemasan di bagian atasnya juga menjadikan sajian ini sedap dipandang.

Jaman sekarang, espresso bisa disajikan dalam berbagai cara, seperti long black, americano, dan salah satu varian espresso yang tak boleh dilewatkan, espresso on the rock.

Jika espresso selama ini dikenal ada rasa pahitnya, maka di kedai di Pasar Lama, Tangerang, kopi ini datang dengan konsep berbeda.

Espresso di Black Campaign dibuat dari tiga macam biji kopi berbeda: Malabar, Toraja Sapan, dan Kerinci. 

Idenya sederhana, menyajikan espresso dengan taste beragam, namun tetap memunculkan rasa-rasa asli dari kopi itu sendiri.

"Kami ingin kenalkan rasa lain seperti manis, fruity dan lain-lain. Kami sebut ini special blend," kata pemilik Black Campaign Coffee, Sezar Milkiesadex Coert.

Biji kopi Malabar dipakai untuk memberi rasa balance, kemudian Kerinci untuk rasa yang bold atau tebal, dan Toraja Sapan untuk rasa herbal.

"Ada juga rasa fruity yang didapat dari Kerinci dan Malabar," katanya.

Betul saja, secangkir espresso yang dinikmati dingin dengan tambahan es batu dan sedikit air ini terasa berbeda di lidah.

Biasanya yang muncul pahit dan bold, kini tiap-tiap rasa dari biji kopi itu muncul.

Espresso yang dingin juga pas di lambung, karena pada dasarnya, rasa asam berkurang dibandingkan dalam keadaan panas.

Potong ongkos produksi

Menurut Sezar, ide ini bisa juga diterapkan di kedai kopi lain, terutama yang ingin menghemat ongkos produksi, tanpa harus menghilangkan cita rasa.

Karena jika menggunakan satu varian biji, apalagi biji dengan harga mahal, bisa jadi ongkos produksi pun melonjak.

Nah, dengan varian biji berbeda, maka harga juga berbeda.

"Kalau Toraja Sapan harganya sekian, dan Kerinci lebih murah, dan dicampur, hasilnya pun lebih murah, tapi rasa tetap terjaga," katanya.

Untuk menikmati secangkir espresso on the rock, kamu enggak perlu merogoh kocek berlebih, karena dibanderol Rp 25.000. 

Kedai yang menghadap Kali Cisadane ini didominasi kayu untuk kursi, meja dan dinding.

Namun dindingnya tak biarkan polos, melainkan dihias dengan gambari ikon-ikon Kota Tangerang, mesin kopi, hingga kutipan-kutipan menarik.

Selain suasana, kedai dua lantai ini juga punya menu lain yang sayang kalau dilewatkan.

Sebut saja seperti Es Kutang (Kupi Tangerang) yang menjadi andalan. Idenya sama dengan es kopi susu lain, tapi disajikan dua pilihan, light (single espresso), dan original (double espresso).

Kalau belum puas, masih ada juga Dudupresso, es kopi dingin yang dengan tambahan susu.

Enggak suka kopi? Bisa pilih greentea latte.

Nah kalau perut mulai keroncongan, enggak perlu bingung, karena makanan di sini cukup beragam. 

Mulai dari makanan ringan seperti tape goreng, roti bakar hingga nasi tuna sambal matah tersedia.

Dan untuk ukuran kedai kopi dengan suasana serta makanan beragam, harganya cukup terjangkau, yakni antara Rp 19.000 - Rp 42.000. Dan kamu sudah bisa menikmati bersantai di tepian Cisadane.

https://lifestyle.kompas.com/read/2018/05/08/060600020/secangkir-espresso-on-the-rock-dari-3-biji-kopi-berbeda-pas-

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.