Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Onitsuka Tiger Ternyata Bisa Di-Custom Lho

TOKYO, KOMPAS.com - Selain seri Super Deluxe, para penggemar sneakers sering menganggap Onitsuka Tiger Nippon Made adalah jenis yang layak dikoleksi, kalau perlu bahkan berburu sampai ke Jepang.

Namun ternyata ada satu jenis lain yang lebih bergengsi, karena lebih langka dan lebih personal. Seri itu adalah Onistuka Tiger Custom dengan komposisi warna, jenis bahan, dan tambahan lainnya bisa dipilih oleh konsumen, lalu akan dibuat di Jepang. Jadi sudah Nippon Made, custom pula!

Nah bagaimana kita bisa mendapatkannya? Sayang pesanan khusus ini hanya tersedia di Jepang, itupun hanya di gerai Omotesando, Tokyo.

Kompas.com berkesempatan mengunjungi pusat pemesanan sepatu custom itu di Shibuya, Tokyo, tempat di mana semua pesanan diproses sebelum dibuat atau dikirim ke pemesan.

Bangunan yang merupakan kantor Onitsuka itu tidak mencolok. Ia berada sedikit di belakang jalan utama yang penuh dengan gedung-gedung perkantoran dan pusat belanja yang terang benderang oleh lampu.

Tidak ada petunjuk mencolok soal gedung tersebut. Warnanya yang abu-abu bersih dengan kaca di sekelilingnya menambah kesan dingin Kota Tokyo yang sejak pagi hari diguyur hujan.

Mereka membagikan iPad yang sudah dilengkapi aplikasi untuk meng-custom sepatu model Mexico 66, karena sampai saat ini hanya model itu yang tersedia untuk di-custom.

"Ini adalah layanan terbaru kami, di mana kamu bisa memesan sepatu Onitsuka Tiger dengan paduan warna dan bahan sesuai selera masing-masing," ujar salah satu pria tersebut.

Ternyata penggunaan aplikasi itu cukup mudah. Di sana sudah ada gambar sepatu, di mana kita bisa memilih warna dasar, warna garis, warna sol, bahkan warna bagian dalam sepatu sesuai keinginan kita.

Bahan yang dipilih pun beragam. Ada kulit halus, kulit bertekstur atau grain, suede, dan tekstur lain.

Tak hanya itu, untuk sepatu custom ini kita juga bisa menambahkan tulisan yang berbeda di sepatu kiri atau kanan, asal tidak lebih dari sepuluh karakter. Karakternya pun bisa huruf latin maupun aksara Jepang.

Kami semua lalu asyik mencoba memadukan warna yang unik, mencoba mencari paduan yang tidak ada di pasaran dan tidak sering ditemui. Tapi hal itu bukan perkara mudah karena Onitsuka sendiri mengeluarkan berbagai paduan warna untuk sepatunya.

Setelah proses pemilihan selesai, kami diminta mencoba ukuran. Di sana ada sepatu dengan berbagai ukuran disediakan. "Ini barang langka, jadi ukurannya harus benar pas dan nyaman di kakimu," ujar salah seorang pegawai.

Memang selain unik dan langka, sepatu custom ini harganya juga lebih tinggi. Sebagai perbandingan, seri biasa harganya sekitar Rp 1,5 juta. Nippon Made mulai dari Rp 2,8 juta. Sedangkan seri custom ini Rp 4,8 juta. Dengan catatan, itu harga di Jepang, yang mungkin akan lebih mahal bila sampai di tanah air.

Dan sekali lagi, ini gampang-gampang susah karena semua desain tampaknya keren. Jadi hal terpenting adalah menemukan rancangan yang sesuai kepribadian. Melongok milik orang sepertinya malah membuat kita makin ragu-ragu.

Setelah selesai dengan rancangan, semua sepertinya nampak lega, serasa habis menjalani ujian.

Lalu bagaimana hasilnya? Ternyata pemesan harus bersabar karena proses pembuatan memerlukan waktu sedikitnya dua minggu. Tunggu ya...

https://lifestyle.kompas.com/read/2018/11/02/122414920/onitsuka-tiger-ternyata-bisa-di-custom-lho

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke