Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

"New Normal", Tak Semua Perawatan Bisa Dilakukan di Klinik Kecantikan

Menurut dr.Gaby Syerly, M.Biomed, pendiri Youth & Beauty (YB) Clinic, untuk sementara tindakan laser yang menimbulkan asap ditidakan.

"Tidak semua treatment bisa dilakukan, misalnya laser yang menimbulkan asap atau bersifat aerosol seperti laser CO2 dan kauter," kata Gaby menjawab pertanyaan Kompas.com melalui email.

Sementara itu, layanan lain seperti suntik filler, botoxs, facial, hingga terapi lain untuk penurunan berat badan, tetap bisa dilakukan.

Ia mengatakan, layanan kecantikan dan kesehatan tubuh merupakan salah satu bisnis yang terdampak Covid-19 karena bersentuhan langsung dengan manusia. YB Clinic sendiri terpaksa ditutup selama dua bulan dan mulai dibuka kembali sejak awal Juli 2020.

Menurut Gaby, permintaan pelanggan untuk melakukan perawatan di klinik cukup besar karena ingin memperbaiki kondisi kulit dan tubuhnya.

"Masa karantina di rumah sepertinya berdampak kurang baik bagi kesehatan kulit, misalnya kulit kusam, berjerawat, hingga kegemukan. Mungkin bisa disebabkan stres, waktu tidur tak teratur, hingga pola makan kurang sehat," katanya.

Risiko penularan

Untuk menghindari penularan Covid-19, menurut Gaby, protokol kesehatan yang ketat juga diberlakukan di klinik kecantikan.

Rantai penularan Covid-19 yang mungkin tejadi di klinik antara lain antrian lama dan ramai sehingga tidak memungkinkan menjaga jarak, serta treatment yang memerlukan kontak dokter dan pasien secara tatap muka.

"Untuk mencegahnya, di klinik dokter dan tim menggunakan masker, face shield, hingga baju khusus ketika melakukan tindakan. Pasien juga wajib pakai masker saat melakukan tindakan jarak dekat seperti suntik filler," katanya.

Pasien juga diwajibkan melakukan pendaftaran di awal sehingga bisa diatur jadwal kedatangan ke klinik. Jumlah pasien pun dibatasi setiap harinya agar prosedur menjaga jarak bisa dilakukan.

"Namun mereka yang merasa kurang fit, batuk, atau demam, kami sarankan tidak ke klinik dulu," katanya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/07/03/135801820/new-normal-tak-semua-perawatan-bisa-dilakukan-di-klinik-kecantikan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke