Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pria Percaya Soulmate?

Kompas.com - 09/04/2008, 14:35 WIB

Bagi banyak perempuan, 'belahan jiwa' atau soulmate adalah obsesi cinta. Tapi apa kata pria tentang soulmate?

"Soulmate itu ada, meski tidak selalu pada akhirnya berjodoh. Menurut saya, Tuhan menciptakan segalanya dalam perfect balance. Ada kiri dan kanan, baik dan buruk, yin dan yang. Jadi, somewhere out there, pasti ada soulmate yang bikin hidup kita jadi balanced."
Agung Priambadha, 32, Menikah, Public Relations Officer.

"Saya cenderung nggak percaya. Bagi saya, soulmate adalah hasil akhir dari modifikasi harapan dua orang terhadap pasangannya. Tapi, kalau ternyata pendapat saya salah, dari lubuk hati terdalam saya berdoa kalau soulmate saya adalah Luna Maya atau Carmen Electra, ha ha ha..."
Ardiyasa Nugroho, 27, Lajang, Pemilik Cafe.

"Susah juga menjawabnya, karena setelah saya bertualang ke sana-sini saya belum juga ketemu yang namanya soulmate. Tapi saya percaya bahwa setiap orang memang ada jodohnya masing-masing. Mungkin memang sekarang belum waktunya saja..."
Rizky Firdaus, 26, Lajang, Staf Promosi.

"Soulmate itu hanya ada di film-film perempuan! Bagi saya, sama seperti jenis hubungan lainnya, hubungan cinta itu didasari azas manfaat. Selama masih ada kepentingan yang bisa saling dipenuhi, ya nyambung saja. Tapi kalau sudah saling 'ilfil', bye bye baby!"
Danny Ferdinand, 29, Lajang, Pengacara

"Saya percaya soulmate, karena karakter setiap orang pada dasarnya unik. Jadi ia hanya akan compatible dengan pribadi lain yang punya sifat serupa. Dan, saya adalah salah seorang pria yang beruntung bisa menikah dengan sang soulmate."
Ferryal Hidayat, 30, Menikah, Sales Engineer.

"Percaya, tapi tidak take it for granted. Bagi saya, soulmate itu adalah tentang dua soul yang sama-sama melakukan perubahan. Pada akhirnya akan terjadi suatu merger dan kompromi dalam hal visi, misi dan jiwa, dari keduanya."
Yasha Chatab, 32, Lajang, Associate Account Director.

"Saya nggak percaya! Karena belum pernah mengalami. Tidak mungkin ada dua orang yang cocok 100%. Setiap orang kan ada plus minusnya. Soulmate bagi saya artinya identik dengan selingkuhan, ha ha ha..."
Adi Restuandi, 31, Menikah, Project Manager.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com