Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/07/2008, 14:53 WIB

Jangan lupakan riasan di bagian mata jika Anda ingin terlihat eye catching. Menggunakan maskara adalah salah satu bagian wajib yang perlu dilakukan. Soul Lee, make up artist dari Shue Uemura, memberikan rahasia maskara yang penting diketahui.

1. Beruntunglah Anda bila memiliki bulu mata yang panjang dan lentik karena Anda bisa memakai produk maskara yang terdiri dari satu lapisan saja. Namun, kebanyakan orang memerlukan produk yang memiliki dua lapisan. Pertama adalah lapisan yang akan memberi konstruksi pada bulu mata, dan kedua adalah bagian bulu sikat yang bisa memberi kesan memanjangkan dan menebalkan bulu mata.

2. Gunakan sikat atau kuas yang kecil untuk melapisi seluruh bulu mata dengan formula maskara dan sikat besar untuk menciptakan efek bulu mata lebih tebal.

3. Agar bulu mata lentik maksimal, jepit dulu bulu mata hingga terlihat lentik sebelum mengaplikasikan maskara.

4. Ganti maskara Anda dengan yang baru setiap 6 bulan. Hal ini karena setiap kali kita memompa maskara sebelum dipakai, udara akan ikut masuk ke dalam tabung dan kemungkinan besar membawa bakteri. Selain itu, bila belum 6 bulan tapi maskara Anda sudah menggumpal dan berubah baunya, segera ganti.

5. Agar maskara tidak menggumpal di bulu mata, sapukan ujung maskara pada tisu sebelum diaplikasikan. Selain itu, rapikan maskara dengan sisir bulu mata untuk membersihkan gumpalan-gumpalan yang menempel di bulu mata. Hindari pula menjepit bulu mata setelah maskara diaplikasikan.

6. Ingin memakai maskara berwarna? Boleh saja, tapi hindari riasan yang tebal pada bagian wajah. Bila Anda ingin bereksperimen tapi belum berani mencoba maskara berwarna, gunakan maskara berwarna hitam dan tambahkan highlight berwarna di bagian ujung mata.

7. Gunakan maskara yang berbahan dasar gel bila kulit di sekitar mata Anda sensitif. Maskara tahan air (waterproof) juga tidak disarankan untuk yang berkulit sensitif. Sebagai gantinya, gunakan maskara berjenis water-resistant.

8. Bersihkan maskara sebelum tidur dengan penghapus make up.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com