Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Laris Manis, Bunga Sedap Malam

Kompas.com - 30/09/2008, 14:38 WIB

JAKARTA,SELASA - Pada H-1 Lebaran, ternyata tak hanya ketupat yang diserbu oleh ibu-ibu. Bunga-bunga segar juga diserbu. Setidaknya hal inilah yang tampak di Pasar Depok Jaya, Selasa (30/9).

Halaman pasar ini dipenuhi para penjual bunga dadakan yang sibuk menjajakan dagangannya. Salah satu penjual dadakan adalah Ade. Biasanya Ade berjualan bunga di Lembang Bandung. Namun, sejak hari Minggu kemarin Ade beserta temannya Cici, mengejar rupiah hingga Depok. "Ini pas Lebaran aja Mbak. Dari Minggu dan cuma sampai nanti sore," ujar Ade Ade menjual beberapa jenis bunga, seperti Sedap Malam, Krisan kuning, Gradiol berwarna oranye dan Pilok putih.

Namun dari semua bunga yang dijualnya, yang paling laku adalah bunga Sedap Malam. Per tangkainya dijual Rp 5.000 dan dibandrol Rp 10.000 per tiga tangkai. "Biasa mah Sedap Malam yang laku. Kan wangi jadi supaya ruangan juga wangi," ujar Ade.

Karena berjualan dadakan, Ade hanya membawa stok bunga Sedap Malam sekitar 5.000 tangkai untuk berjualan di Pasar Depok Jaya. Begitu pula dengan bunga-bunga lainnya, tak terlalu banyak stok yang dibawanya. Namun demikian, mulai dari awal berjualan kemarin, setiap harinya Ade bisa memperoleh Rp 1,5 juta.

Merski demikian, diakui Ade, jumlah tersebut jauh menurun dengan perolehannya pada tahun lalu. "Turunnya sekitar 40 persenlah dari tahun lalu," tandas Ade.

Sementara itu, Ibu Jayusman yang berbelanja bunga Sedap Malam di tempat Ade mengaku sudah tradisi baginya untuk membeli dan menghadirkan sensasi keharuman Sedap Malam di ruangan rumahnya pada saat Lebaran. "Ya, namanya Lebaran. Menghadirkan suasana yang berbeda sajalah. Biar lebih wangi," ujar Ibu Jayusman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com