Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Coconut Royale, Kesegaran Eropa Masa Lalu

Kompas.com - 17/10/2008, 13:40 WIB

Jejak-jejak kuliner masa lalu selalu menarik untuk ditelusuri. Setiap kota pasti menyisakan cerita, seperti ketika saya berkunjung ke kota Kembang,Bandung.

Terik sore Bandung saat itu bisa dijinakkan sedikit di Jalan Tamblong. Di jalan yang dekat dengan jalanan bersejarah kota ini, Jalan Asia Afrika, ini ada toko es krim dengan cita rasa Eropa, dari sekitar tahun 1930-an hingga 1940-an. Namanya Rasa Ice Cream & Bakery.

Begitu masuk ke dalam toko es krim dan kue, karyawati di toko ini menunjukkan nama coconut royale, es kopyor spesial, dan tutti frutti sebagai es krim yang paling kuno dan yang dijagokan oleh toko ini. Jadilah tiga jenis es krim itu yang terpilih.

Tak lama datanglah pesanan itu. Sepotong kelapa muda (sesuai nama coconut royale) yang berisi tiga skop es krim stroberi, pisang, dan moka. Sementara es kopyor spesial berisi stroop alias sirup dengan kopyor dan es krim vanilla. Lantas tutti frutti adalah es krim kuno tiga warna.

Begitu es di dalam setengah batok kelapa muda itu masuk mulut langsung nnyyyeesssss,mengusir rasa panas yang sekarang sudah menguasai Bandung. Perkara cita rasa es krim ini, sudah bisa ditebak. Kalau di Jakarta, es krim ini bisa dibilang seusia dan setipe dengan es krim Ragusa di Jalan Veteran, Jakarta Pusat. Es krim ini dari tahun 1930-an ini diracik dua pria Italia.
   
Di toko es krim yang di masa lampau bernama Hazes ini, es krim yang ditawarkan terasa lembut dan tak membuat enek. Rasanya ringan, sehingga melahap tiga skup es krim pun tak bikin kekenyangan.
   
Sekadar mengingatkan, toko es krim Baltic di bilangan Senen, Jakarta Pusat, pernah juga membuka cabang di Bandung. Sayang, kemudian tak bertahan di sekitar tahun 1970-an. Untung masih tersisa di Jalan Kramat itu. Di Bandung, toko es krim Baltic itu lantas berubah menjadi toko kue yang juga legendaris, Canary.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com