Ketika Indonesia Jepang Berkolaborasi dalam Gerak

Kompas.com - 01/11/2008, 09:46 WIB
Editor

JAKARTA, SABTU — Ada yang menarik dalam acara pembukaan Indonesia-Japan Expo 2008 yang diselenggarakan sebagai peringatan emas hubungan diplomatik Indonesia-Jepang di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Sabtu (1/11). Tari saman dikawinkan dengan taiko. Gerak indah para penari khas Aceh ini tampak mengherankan ketika selaras dengan gebukan gendang para penabuh taiko, semacam bedug dari Jepang.

Para penari yang mengenakan pakaian khas merah dan putih melambangkan budaya khas dari negara Indonesia, sedangkan para penabuh taiko mengenakan pakaian berwana ungu keemasan, lengkap dengan ikat kepala khas Jepang. Dalam hiburan sekitar 10 menit ini, para hadirin terkesima dengan kolaborasi budaya ini. Gerak tangan dan tubuh para penari saman sangat selaras dengan tabuhan para penabuh taiko. Sangat istimewa!

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.