Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ginseng Oplosan Renggut Nyawa 8 Orang

Kompas.com - 24/04/2009, 04:01 WIB

Semarang, Kompas - Delapan warga Kota Semarang, Jawa Tengah, meninggal dunia, diduga karena meminum ginseng oplosan. Hingga Kamis (23/4) malam, Kepolisian Resor Kota Semarang Barat masih mencari bukti tambahan untuk memastikan penyebab kematian.

”Kami belum dapat memastikan, semua korban meninggal karena minuman keras oplosan itu” kata Kepala Satuan Reserse Kriminal Polresta Semarang Barat Ajun Komisaris Nyoman Garjita, Kamis. Polisi telah menahan SL (38), penjual minuman keras oplosan di Jalan Puspogiwang Barat, Semarang.

Enam dari delapan warga yang meninggal adalah Didik Setiyawan, Bambang Untoro, Johanes Sugiyanto, Andreas, Deni Malik, dan Heru Martono. Mereka sempat dirawat di beberapa rumah sakit. Dua korban lainnya adalah Afrudin (37) dan Ari Susilo (38). Kedelapan korban meninggal pada Rabu (22/4) dan Kamis.

Pada Kamis siang, petugas Polresta Semarang Barat membongkar makam Afrudin dan Ari Susilo. ”Kami membongkar makam tersebut untuk menemukan bukti kuat mengenai penyebab kematian korban,” kata Garjita.

Kasus kematian akibat ginseng oplosan merupakan kasus kedua di Kota Semarang pada 2009 ini. Pada akhir Januari 14 orang meninggal dunia setelah meminum ginseng oplosan. (den)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com