Inilah Tips Memilih Kurma yang Baik

Kompas.com - 24/08/2009, 15:29 WIB
Editor

KOMPAS.com — Memasuki bulan suci Ramadhan, banyak sekali buah kurma diperdagangkan. Buah kurma dikenal dengan kandungan gizi dan manfaatnya yang baik sebagai konsumsi saat berbuka puasa.

Namun, tidak semua kurma yang dijualbelikan di pasar berkualitas baik. Bagaimana kita tahu, mana kurma yang baik, dan mana yang kurang baik? Berikut ini ada tips memilih buah asal Timur Tengah itu menurut Prof Dr Hardinsyah, MS, Dekan Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor, yang dihubungi Kompas.com, Senin (24/8).

Ciri buah bernama latin Phonex dactylifera yang baik adalah:

1. Selaput luarnya atau kulit arinya tidak rusak.

2. Tidak ada pelumuran gula atau madu sehingga tidak lengket saat dipegang.

3. Warnanya coklat-merah-kekuningan.

4. Bentuknya besar, bukan kecil-kecil.

5. Dikemas dengan baik.

6. Terdapat izin dari Departemen Kesehatan.

Menurut Hardinsyah, ada kurma di pasaran yang kurang baik karena dijual karungan. "Sehingga berdebu, kumuh, kotor. Selain itu kerap terdapat pasir dan potongan serat," kata Hardinsyah.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X