Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Roti Mentega Bikin Kita Makan Berlebihan

Kompas.com - 17/09/2009, 14:45 WIB

KOMPAS.com - Anda mungkin sudah mengetahui bahwa lemak jenuh tidak baik untuk kesehatan Anda. Lemak jahat ini akan menyumbat pembuluh nadi, yang menyebabkan kolesterol tinggi. Anda juga tahu bahwa kolesterol tinggi sering dikaitkan dengan penyakit jantung.

Menurut sebuah studi baru, beberapa jenis lemak jenuh (saturated fat) seperti daging merah, susu, keju, dan mentega tidak akan menghiraukan sinyal rasa kenyang yang dikirimkan oleh tubuh. Pemimpin studi ini, Dr Deborah Clegg, mengatakan," Penemuan kami menunjukkan bahwa ketika Anda mengonsumsi sesuatu yang tinggi kadar lemaknya, otak akan membentur asam lemak, dan Anda menjadi tahan terhadap insulin dan leptin. Karena Anda tidak mendapat sinyal rasa kenyang ini, Anda akan makan berlebihan."

Meskipun begitu, tidak berarti Anda harus membuang semua sumber lemak dari menu Anda. Asam oleic, jenis lemak tak jenuh tunggal omega-9 yang terdapat pada minyak zaitun, alpukat, dan kacang-kacangan, tidak akan memberikan efek yang sama. Sebuah studi yang diumumkan tahun lalu dalam jurnal Cell Metabolism menunjukkan bahwa asam oleic membantu mengendalikan rasa kenyang, dan meningkatkan pencernaan lemak.

Sebenarnya, Anda akan terhindar dari efek buruk lemak jenuh ini selama Anda tidak makan berlebihan. Anda tetap bisa makan tenderloin steak dalam porsi yang cukup atau tidak terlalu sering, minum susu rendah lemak, atau, sebagai ganti mentega, celupkan roti ke dalam minyak zaitun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com