Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Enyahkan Noda di Bagian Ketiak Kemeja

Kompas.com - 17/09/2009, 16:18 WIB

KOMPAS.com - Kombinasi dari keringat dan deodoran adalah penyebab utama noda kekuningan di bagian ketiak kemeja putih. Noda ini tidak mudah dibersihkan, namun jika Anda mau sedikit berusaha dan ada keberuntungan, kemeja putih Anda bisa kembali terlihat putih.

Saat mencuci baju, disarankan untuk memfokuskan pembersihan di bagian tersebut. Gunakan sikat gigi yang sudah diolesi pembersih noda atau pemutih. Perlahan-lahan, sikat bagian tersebut, lalu diamkan selama 3-5 menit. Setelah itu bilas dengan air hangat. Seusai dibersihkan, biarkan kemeja tersebut mengering sendiri dengan dijemur, jangan menggunakan mesin pengering.

Jika noda tersebut masih tak mau hilang, coba campurkan sedikit cuka putih dengan air. Campuran ini cukup asam untuk mengubah warna kemeja tersebut. Karena cuka sangat asam dan bisa merusak, pastikan sudah tercampur dengan air.

Sayangnya, noda kekuningan semacam itu akan cenderung menetap jika tak langsung dibersihkan dan dibiarkan dalam waktu lama. Kuncinya adalah pencegahan. Pastikan ketiak dalam keadaan kering setelah mengoleskan deodoran. Jika terburu-buru, Anda bisa mengeringkannya dengan memberikan angin menggunakan hair dryer.

Lalu, ketika Anda merasa sudah mulai berkeringat pada siang hari, carilah toilet, dan keringkan keringat di ketiak menggunakan tisu. Setibanya di rumah, jangan lalu membiarkan kemeja putih kesayangan Anda itu tertumpuk di tumpukan baju kotor. Meski belum terlihat ada noda kuning, bukan berarti tidak akan ada. Jika Anda merasa sudah berkeringat ketika mengenakan pakaian itu, pastikan Anda mencuci pakaian tersebut dalam kurun waktu 24 - 48 jam sejak dikenakan. Jika pada label kemeja tersebut tertulis "dry clean only", segera bawa ke dry cleaner dalam waktu 1-2 hari setelah digunakan. Jangan lupa menunjukkan bagian tersebut kepada pihak dry cleaning. Tak perlu malu, mereka sudah terbiasa, kok.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com