Cara Mudah Batasi Asupan Natrium

Kompas.com - 10/03/2010, 15:24 WIB
Editoracandra

JAKARTA, KOMPAS.com — Jika Anda mempunyai tekanan darah tinggi dan sensitif terhadap natrium, dengan mengurangi asupan natrium dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Dengan membatasi natrium dan mengubah gaya hidup, mungkin Anda jadi tidak perlu obat-obatan. Kalaupun Anda sudah menggunakan obat-obatan, dengan mengurangi natrium maka obat-obatan tersebut akan menjadi lebih efektif.

Berikut ini ada beberapa cara mudah untuk mengurangi natrium dalam makanan:

• Makanlah lebih banyak makanan segar daripada makanan yang sudah diproses. Makanan segar mengandung lebih sedikit natrium dibanding makanan yang sudah diproses.

• Pilihlah produk rendah natrium. Makanan yang sudah diproses biasanya mengandung natrium tinggi, seperti, sup, kaldu, sayuran dalam kaleng, dan saus. Namun, makanan-makanan proses ini ada yang diproduksi dengan rendah natrium.

• Bacalah label. Bacalah label makanan sebelum membeli atau memakannya. Pada label tercantum jumlah natrium yang terkandung dalam makanan tersebut.

• Jangan menambahkan garam ke makanan. Jika makanan terasa hambar, tambahkan bumbu lain, seperti jeruk lemon, lada, atau bumbu-bumbu lain.

• Batasi pemakaian saus. Saus selada, saus tomat, mustard, dan lainnya itu mengandung natrium. Demikian juga acar dan buah zaitun.

• Bilaslah makanan dalam kaleng. Dengan membilas sayuran dan daging dalam kaleng akan mengurangi natrium kira-kira sampai sepertiganya.

Sebelum mencoba pengganti garam, tanyakan kepada dokter terlebih dahulu. Soalnya beberapa pengganti garam atau garam lite juga mengandung campuran natriumklorida (NaCl/garam) serta campuran lain. Karena untuk mendapatkan rasa asin yang sama, Anda akan meningkatkan penggunaan garam pengganti lebih banyak lagi sehingga akhirnya usaha mengurangi natrium menjadi sia-sia saja.

Kaliumklorida (KCI) juga sering digunakan sebagai pengganti garam. Padahal, kelebihan kalium dapat merusak ginjal atau jika Anda minum obat tekanan darah tinggi tertentu atau obat gagal jantung maka zat ini membahayakan. Tanyakan dokter sebelum menggunakan bahan pengganti garam.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X