Trik Mengolah Daging Ayam

Kompas.com - 18/03/2010, 12:58 WIB
Editordin

KOMPAS.com — Daging ayam merupakan makanan yang kandungan proteinnya setara dengan gabungan protein yang ada pada daging sapi, ikan, kacang, dan biji-bijian. Daging ayam aman untuk mereka yang memiliki gangguan kolesterol jika dimakan tanpa kulitnya. Sebab, daging berwarna putih umumnya lebih rendah lemak jenuh. 

Nutrisi daging ayam
Asam amino yang terkandung dalam daging ayam berfungsi untuk memperbaiki seluruh sel tubuh kita. The National Chicken Council membeberkan fakta bahwa 3 ons daging ayam mengandung nutrisi seperti: kalsium, magnesium, fosfor, potasium, niasin, dan vitamin B12. Daging ayam juga rendah karbohidrat dan rendah sodium.

Daging putih vs daging merah
United States Department of Agriculture (USDA) menyarankan kita memilih daging putih (seperti pada ayam atau ikan) ketimbang daging merah (seperti daging sapi). Tiga ons ayam bakar atau ayam panggang tanpa kulit mengandung 130 kalori dan 4 gram lemak. Namun, jika Anda menggunakan kulitnya, total kalori dan lemak akan bertambah, yakni 170 kalori dan 7 gram lemak.

Pria dan wanita bisa mengonsumsi 5-6 ons daging ayam per hari. Hindari menyantap daging ayam yang disajikan dalam porsi besar. Sajikan daging ayam bersama dengan sayuran, seperti kentang, wortel, buncis, dan jagung manis.

Memilih ayam kemasan
Ada kalanya Anda bosan atau tak sempat mengolah daging ayam. Solusinya? Beli yang sudah dibumbui dan siap disajikan. Baca label pada kemasannya agar Anda tahu berapa takaran penyajian yang aman. Sering kali ayam olahan sudah ditambahi dengan garam dan bumbu lain yang bisa meningkatkan lemak.

Sumber protein lainnya
Selain daging ayam, ada sumber protein yang setara. Contohnya, ikan (terutama ikan salmon), kacang-kacangan (kacang almond), dan biji-bijian (biji bunga matahari atau kuaci).   

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.