Yuk, Bakar 100 Kalori Dalam Tubuh

Kompas.com - 05/05/2010, 12:35 WIB
EditorNF

KOMPAS.com - Berusaha menurunkan timbunan lemak dalam tubuh tapi tak memiliki waktu atau daya untuk mencari seorang pelatih kebugaran untuk memberi tahu Anda apa yang sebaiknya dilakukan? Yah, jangan putus asa dulu. Coba lakukan hal-hal di bawah ini untuk membantu Anda menentukan apa yang bisa Anda lakukan sehari-hari untuk membakar kalori yang masuk ke dalam tubuh Anda.

Targetkan Jarak 1.5 km
Rata-rata, ketika seseorang berjalan atau berlari sejauh 1.5 km (1 mil), mereka akan membakar 100 kalori, terang Shawn M. Talbott, Ph.D, ahli nutrisi dan kebugaran. "Semakin cepat Anda bisa meraih jarak 1.5 km, Anda akan membakar 100 kalori," jelas Talbott. Treadmill bisa membantu Anda mengkalkulasikan jarak Anda saat berlari atau berjalan, cara lain adalah dengan berlari 4 putaran di lintasan lari. Anda juga bisa mengukur peta jarak di sekitar rumah Anda dengan Google's pedometer, atau gunakan alat pedometer, 2.000 langkah sama dengan 1.5 km.

Berhenti Duduk Diam dan Mulailah Melonjak
Apakah Anda menghabiskan, waktu setidaknya 2 jam dalam sehari untuk duduk di bangku? Jika ya, wah, sayang sekali waktu yang terbuang untuk membakar kalori dalam tubuh Anda. Jika kantor Anda memungkinkan untuk menukar bangku yang Anda gunakan dengan bola latihan berukuran besar, Anda akan bisa membakar sekitar 50 kalori per jam, terang Monica Vazquez dari New York Sports Clubs. Ketika Anda duduk di atas bola latihan, yang besar dan terbuat dari plastik itu, Anda sudah mengencangkan otot bagian perut Anda. Dengan menggunakan otot-otot ini, maka Anda akan membakar kalori lebih banyak hanya dengan duduk diam.

Air Es
Janice Taylor, pelatih penurunan berat badan, dan pendiri klub penurunan berat badan, Kick in the Tusch Club menyarankan untuk meminum air minum dengan cepat dan pilih yang dingin. Delapan gelas per hari memberikan dorongan metabolis yang setara dengan 25 kalori per gelas. Tubuh Anda akan berupaya untuk mengembalikan kehangatan tubuhnya, dengan begitu akan membantu tubuh membakar kalori.

Minum Minuman Hangat

Studi menunjukkan, bahwa 3 gelas teh hijau panas dan tawar per hari bisa membakar sekitar 78-106 kalori, terang Lisa Davis, Ph.D, wakil kepala penelitian dan pengembangan di Medifast. Selain itu, menenangkan diri dengan meminum kopi, teh hijau atau hitam bisa menstimulasi sistem saraf simpatetis. Stimulasi ini bisa berujung pada pembakaran kalori.

Jangan Hanya Duduk Diam
Jangan hiraukan orang yang meledek Anda dengan "Lagi menjahit ya? Kok kakinya tak bisa berhenti bergerak?" Nyatanya, dengan terus bergerak saat duduk akan membantu pembakaran kalori. Buat diri Anda terus bergerak, dengan menggerakkan kaki atau berjalan saat menerima telepon, dalam satu jam Anda bisa membakar sekitar 100 kalori.

Tugas Rumahan
Jangan kira menjadi ibu rumah tangga tanpa memiliki si mbak yang membantu adalah pekerjaan mudah. Pekerjaan rumahan bisa jadi hal yang melelahkan, lho. Calorielab.com menghitung, wanita yang berat tubuhnya kira-kira 80 kg bisa membakar 100 kalori dengan melakukan kegiatan-kegiatan seperti berikut:
- Mencuci piring selama satu jam
- Mengepel selama setengah jam
- Memasak selama 55 menit
- Menyetrika atau berbelanja kebutuhan makanan selama 1 jam
- Menggendong anak selama 40 menit

Lompat!
Simpan tali lompat dalam mobil, tas, atau meja kantor. Ketika Anda memiliki waktu lowong, cobalah untuk melompat tali. Tali lompat adalah alat yang mudah dibawa-bawa, dan bisa dengan cepat meningkatkan detak jantung. Untuk seseorang dengan berat tubuh 70 kg akan membakar 100 kalori setelah melakukan lompat tali selama 10 menit.

Bermainlah
Anak Anda bisa jadi sahabat berolahraga yang menyenangkan. Bermain lempar frisbee selama 30 menit, bermain sepatu roda (rollerblade) selama 10 menit, atau 15 menit berenang atau bermain Wii Boxing akan membakar 100 kalori. Memiliki anak yang masih bayi? Bermain ci luk ba, atau melakuakn jongkok-berdiri (squat) sambil menggendong si bayi akan membakar 100 kalori, sekaligus membuat si kecil tersenyum.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.