Memilih Metode Diet Terbaik

Kompas.com - 14/05/2010, 14:22 WIB
EditorAnna

Kompas.com - Para peminat diet saat ini sangat dimanjakan oleh berbagai cara dan metode diet yang semuanya menawarkan janji langsing dengan cepat dan mudah. Bagaimana memutuskan metode diet yang paling tepat?

Memilih metode diet yang akan dijalani harus dimulai dengan melihat ke dalam diri sendiri. "Pertama adalah kenali diri sendiri. Ini berarti bersikap jujur pada kemampuan, karena diet berlangsung jangka panjang," kata Amy Jamieson-Petonic, pakar diet dan juru bicara American Dietetic Association.

Faktor lain yang berperan dalam sukses tidaknya diet yang dijalani adalah mengevaluasi berbagai program diet dan memilih mana yang paling sesuai. Berhati-hatilah pada janji-janji bombastis yang ditawarkan.

Yang perlu diperhatikan adalah tidak ada metode diet yang cocok  untuk semua orang. "Kita semua unik, memiliki selera dan kebiasaan yang berbeda. Karena itu memaksakan diri untuk memakai metode orang lain hanya memberikan manfaat sementara," urai Judy Rodriguez, profesor nutrisi dari University of North Florida, AS.

Analisa juga pola makan yang sudah dijalani selama ini. Cari tahu apakah Anda bisa membuat perubahan pola makan. Misalnya mengganti kebiasaan ngemil gorengan dengan biskuit rendah lemak.

Jangan memaksakan diri berpantang makanan tertentu. "Pastikan cara diet yang dilakukan masih rasional dan secara ilmiah aman. Diet yang sehat seharusnya tetap membolehkan kita makan tiga kali sehari," tambah Rodriguez.

Pilihlah metode diet yang menyarankan aktivitas fisik. Menurunkan berat badan berarti melakukan perubahan gaya hidup. "Cara terbaik menjaga berat badan adalah memperhatikan pola makan dan tetap aktif bergerak," paparnya.

Dalam proses penurunan berat badan akan terjadi fase plato, yaitu masa ketika berat badan tidak dapat turun lagi, kecuali ada intervensi lain, yaitu olahraga aerobik atau pembentukan massa otot. Otomatis, kadar lemak tubuh juga akan berkurang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.