Yuk, Diet dengan Air Putih dan Buah

Kompas.com - 16/05/2010, 18:33 WIB
EditorGlo

KOMPAS.com - Air putih memiliki segudang manfaat untuk tubuh. Seperti melawan toksin dalam tubuh, mencegah dehidrasi, sebagai pengisi nutrisi dan juga oksigen yang dibutuhkan tubuh agar berfungsi optimal. Bahkan, air putih bisa menjadi solusi diet untuk menurunkan berat badan.

Semakin sering minum air putih, bisa membantu Anda menahan lapar dan mengurangi porsi makan karena perut sudah terisi. Namun jangan juga terlalu banyak minum air putih. Minum berlebihan dalam sehari bisa mempengaruhi kerja ginjal. Berikan waktu bagi tubuh untuk memfilter air yang masuk, sebelum Anda mengisinya lagi.

Anda perlu mengatur asupan cairan yang tepat untuk menurunkan berat badan, seperti berikut ini:

Minum saat makan
Sebelum makan dengan porsi sederhana, minum satu gelas air untuk mengurangi rasa lapar. Perut yang penuh akan mengurangi porsi makan. Jika Anda makan makanan berat, minum air sesekali di sela makan. Asupan air ini akan mengurangi keinginan Anda untuk terus makan.

Untuk tujuan pengurangan berat badan, kurangi soda dan ganti dengan air putih. Selain mengurangi kadar gula, mengurangi soda juga berarti mencegah Anda dari dehidrasi. Metabolisme tubuh bekerja maksimal saat tubuh tidak kekurangan cairan. Artinya tubuh lebih cepat membakar lemak. Asupa cairan yang cukup juga membantu tubuh menyerap nutrisi lebih optimal.

Kombinasikan dengan buah
Selain air putih, konsumsi juga makanan yang mengandung banyak air. Dengan begitu, Anda tidak perlu terus-menerus minum air putih.  Anda bisa mengkombinasikan asupan cairan dari buah-buahan. Semangka, apel dan pir adalah buah yang mengandung banyak air. Buah-buahan ini juga bisa mengatasi rasa lapar di sela waktu makan.   



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X