Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Memanfaatkan Remahan Roti

Kompas.com - 05/06/2010, 16:17 WIB

KOMPAS.com - Biarpun hanya remah, bukan berarti remah roti tidak bisa dimanfaatkan. Memang sih, remah roti alias tepung roti yang sudah jadi bisa dibeli. Tetapi kalau bisa membuat sendiri, kenapa tidak dicoba? Asal punya food processor dan sisa roti, tidak sulit membuatnya.

Caranya, pisahkan lapisan kulit roti yang berwarna coklat dari bagian tengahnya yang berwarna putih, kemudian potong kotak-kotak kecil. Masukkan potongan-potongan roti ini ke dalam mangkuk food processor lalu proseslah sampai benar-benar terpotong halus.

Begitu remah roti selesai dibuat, segera masukkan ke dalam kantung plastik bersegel. Tempeli label berisi tanggal pembuatan, dan remah roti beku ini akan berahan lebih dari 3 bulan bila dimasukkan ke dalam freezer. Bila ingin digunakan, tinggal memindahkannya ke rak kulkas.

Memanfaatkan remah roti
Remah roti buatan Anda bisa dikreasikan menjadi berbagai sajian lezat. Cobalah resep berikut:

* Tambahkan bumbu-bumbu dasar, seperti cabai, paprika, atau lada, untuk menambah citarasa tepung roti.

* Sedikit parutan keju, seperti parmesan atau cheddar, merupakan kombinasi sempurna bagi remah roti yang baru dibuat ataupun yang sudah dikeringkan.

* Tambahkan bahan lain yang memberi aroma ke dalam adonan tepung roti, seperti buah zaitun warna hitam atau hijau yang sudah dicincang halus, tomat kering, jenis kacang-kacangan yang telah dicincang halus.

* Boleh juga menambahkan sayuran segar yang sudah diiris halus, seperti seledri, rosemary, tyme, oregano, sage dan dill. Tak ada salahnya pula menggunakan sayuran kering.

* Tambahkan parutan halus kulit lemon, jeruk, atau jeruk limau ke dalam campuran remah roti. Sebagai panduan, kulit lemon cocok sekali jika dipertemukan dengan daging kerbau atau anak lembu. Sedangkan kulit jeruk limau cocok bila ditambahkan ke sajian ayam atau seafood.

* Sebagai pengganti remah atau tepung roti, Anda bisa melapisi makanan dengan materi sejenis lainnya, seperti havermouth, tepung cornflake, remah keripik kentang, atau polenta (corn meal).

(Lucia/Tabloid Nova)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com