Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

1 Dari 5 Pria Alami Depresi Setelah Punya Anak

Kompas.com - 07/09/2010, 15:22 WIB

KOMPAS.com - Anda mungkin sudah sering mendengar istilah "baby blues syndrome", yakni kondisi ketika seorang wanita merasa sedih usai melahirkan. Kondisi ini pernah dialami oleh Brooke Shields yang kemudian memicu pertikaian antara dirinya dan Tom Cruise yang diekspos media habis-habisan. Namun, ternyata, di balik itu, si ayah pun bisa mengalami hal yang serupa.

Seperti dikutip dari laporan The Dailymail, 1 dari 5 pria mengalami masalah dengan depresi usai hadirnya anak di dalam hidupnya. Dalam studi yang melibatkan 87 ribu keluarga, yang mendapatkan perawatan medis antara tahun 1993 - 2007 kemudian disortir yang pernah mengambil resep antidepresi.

Dalam setahun sejak kehadiran anak pertama, sebanyak 3 persen dari kepala keluarga tersebut mengalami depresi. Hal ini meningkat 10 persen saat anak pertama mereka menginjak usia 4 tahun, kemudian meningkat lagi ketika anaknya berusia 8 tahun menjadi 16 persen, dan menjadi 21 persen ketika anak menginjak usia 12 tahun.

Sementara 13 persen wanita mengalami depresi depresi saat anak mereka masih berusia setahun, kemudian naik 24 persen ketika si anak berusia 4 tahun, berkembang lagi jadi 33 persen saat si anak menginjak usia 4 tahun, dan menjadi 39 tahun saat anak pertama menginjak usia 12 tahun.

Depresi ini ditengarai diakibatkan oleh tekanan ekstra yang datang setelah hadirnya anak. Kehilangan waktu tidur dan meningkatnya tanggung jawab menjadi hal yang menekan tanggung jawab si orangtua, jelas ketua peneliti, Profesor Irwin Nazareth.

Maka, untuk para calon ayah, disarankan untuk melakukan langkah-langkah persiapan yang amat matang sebelum hadirnya si kecil dalam hidupnya. Untuk para ibu, disarankan untuk mulai memerhatikan suami yang akan menjadi calon ayah agar tidak terjadi keretakan rumah tangga akibat depresi setelah hadirnya si kecil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com