Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usir Kebosanan Akibat Rutinitas

Kompas.com - 16/09/2010, 14:58 WIB

Yang namanya rutinitas memang susah-susah gampang. Ada yang amat suka dan perlu rutinitas, ada yang sama sekali tidak suka. Melakukan hal yang sama berulang memang bisa menyebabkan seseorang jadi bosan. Supaya hal itu tidak terjadi pada Anda dan menyebabkan menurunnya produktivitas, lakukan hal-hal berikut ini:

Bawa botol minum besar sendiri
Kebanyakan kita kurang minum air putih sepanjang hari. Menghidrasi tubuh adalah hal yang penting agar tubuh bisa berfungsi secara efisien, kulit lebih cerah berseri, dan merevitalisasi pikiran. Supaya asupan cairan Anda dalam sehari tidak terhilang, bawalah tempat minum berukuran 750 ml dan isi air putih agar Anda selalu terhidrasi sepanjang hari.

Bangun lebih pagi
Ketimbang mengawali hari dengan tergesa-gesa dan membuyarkan mood sepanjang hari, cobalah untuk tidur lebih awal dan bangun lebih pagi. Di pagi yang lebih muda, Anda bisa melakukan banyak hal lebih cepat, misal, membereskan kamar. Lalu, sisa waktunya bisa Anda lakukan untuk memanjakan diri dengan minum kopi atau sarapan yang lebih layak. Di malam hari, Anda akan mendapati kamar yang lebih nyaman. Hadiah yang menyenangkan untuk diri sendiri.

Pilih pakaian untuk besok pagi
Di malam hari, sebelum tidur, coba siapkan pakaian yang ingin Anda kenakan esok pagi. Hal ini memberi Anda 2 keuntungan; pagi yang tak terlalu stres (akibat kebingungan mau pakai pakaian apa hari ini atau harus buru-buru menyetrika), dan Anda lebih bisa memikirkan padu padan yang lebih gaya.

Aroma baru
Menyemprotkan parfum yang berbeda (yang Anda suka), akan membuat Anda lebih bersemangat, percaya diri, dan seksi menjalani hari. Tanpa sadar, wanita menggunakan aroma sebagai alat pengukur menarik/tidaknya seseorang sebagai pasangan. Mengganti aroma pewangi tubuh untuk mencari yang tepat dengan Anda akan membantu Anda menarik perhatian dari tipe pria yang berbeda. Cuma, perlu diingat, jangan sampai aroma baru itu terlalu kencang dan bikin pusing. Jadi, carilah yang wanginya ringan dan bersih agar aroma asli Anda tetap tercium.

Makan siang di luar
Terbombardir dengan email, twit, serta pesan-pesan yang berkaitan dengan pekerjaan pada akhirnya akan memengaruhi otak, membuat Anda kelelahan, kesulitan memelajari skill dan berkonsolidasi dengan informasi baru. Untuk menset ulang pikiran Anda, menjauhlah dari meja kantor Anda saat makan siang. Kalau memungkinkan, matikan ponsel, dan cari tempat makan yang bernuansa alami untuk membantu Anda merasa lebih tenang. Niscaya, saat Anda kembali bekerja, Anda akan lebih merasa berenergi.

Persiapkan rencana akhir pekan di pertengahan minggu
Saat rutinitas Anda benar-benar tidak bisa ditolerir, pertengahan minggu bisa jadi hal yang sangat mengecewakan. Berikan semangat untuk dinanti bagi diri Anda sendiri dengan merencanakan akhir pekan yang menyenangkan. Di hari Rabu, siapkan diri Anda untuk meriset kegiatan yang bisa Anda lakukan di hari Sabtu-Minggu. Dengan begini, saat akhir pekan tiba, Anda sudah dijamin akan melakukan hal yang seru ketimbang tidur-tiduran dan kebosanan setengah mati di rumah melakukan rutinitas membosankan lainnya.

Matikan alat elektronik sejam sebelum tidur
Seperti kita ketahui, alat-alat elektronik, seperti televisi, ponsel, dan lainnya bisa jadi sangat menyita perhatian. Saat Anda menghibur diri dengan alat elektronik sebelum tidur, Anda bisa mematikan sinyal pada tubuh untuk mulai beristirahat. Waktu tidur berkualitas amat diperlukan untuk berpikir lebih jelas dan energi yang tinggi, serta kehidupan seks yang baik. Jadi, matikan alat elektronik Anda sejam sebelum waktu tidur, dan beralihlah pada buku bacaan.

Kurangi porsi, tapi persering
Mengubah cara makan bisa amat berpengaruh terhadap tubuh dan pikiran. Kurangi porsi makan Anda saat makan siang dan malam, tetapi selingi dengan makanan rendah kalori. Metabolisme Anda akan tetap berjalan, dan tinggi sepanjang hari, artinya, Anda akan membakar kalori lebih banyak dalam sehari. Anda juga akan merasa lebih bersemangat, dan level insulin pun lebih stabil.

Olahraga di pagi hari
Berolahraga di pagi hari akan mendorong sistem bekerja lebih giat. Mendorong level endorfin Anda sehingga Anda akan bersemangat sepanjang hari. Anda juga akan membakar lebih banyak lemak di waktu ini, alhasil, bentuk tubuh yang lebih baik dalam jangka waktu panjang. Dengan endorfin lebih banyak, Anda pun akan lebih mudah menghadapi stres yang mendera.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com