Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kehilangan Semangat Kerja

Kompas.com - 23/09/2010, 16:16 WIB

KOMPAS.com — Awalnya Anda merasa senang bekerja di tempat kerja sekarang. Namun, entah mengapa, lama-kelamaan kerjaan makin banyak, Anda pun sulit bergerak bebas. Bagaimana mengatasi masalah seperti ini?

Menurut Donna Turner, praktisi sumber daya manusia Experd, bisa jadi hal tersebut adalah kondisi yang dinamakan job burnout. Merriam-Webster's Collegiate Dictionary mendefinisikan job burnout sebagai exhaustion of physical or emotional strength or motivation usually as a result of prolonged stress or frustation. Sederhananya, job burnout merupakan kepenatan fisik, keletihan emosi, penurunan motivasi, sebagai akibat dari stres atau frustrasi berkepanjangan yang dirasakan seseorang.

Indikasi seseorang yang mengalami job burnout, antara lain: tidak semangat saat mengawali kerja, cenderung menghitung waktu kerja, dan menunggu jam kerja segera berakhir; kehilangan antusiasme dalam menuntaskan tugas/proyek kerja; tidak lagi bersemangat saat bergaul, sosialisasi dengan rekan kerja dan klien. Juga merasa mudah sakit, letih, sakit kepala, otot-otot tubuh tegang dan kaku, sulit tidur; mudah tersinggung, dan merasa tertekan dengan kelakuan/perkataan rekan kerja/atasan. Atasi dengan langkah-langkah berikut ini.

(Donna Turner/Majalah Chic)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com