Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengawasi Anak dengan Bantuan Teknologi

Kompas.com - 27/09/2010, 13:53 WIB

KOMPAS.com - Tak banyak orangtua yang beruntung memiliki pengasuh yang telah bekerja dalam waktu lama, tak berpindah ke rumah tangga lain, dan santun bekerja mengasuh anak majikannya. Berbagai pemberitaan seputar pengasuh anak yang berperilaku buruk membuat khawatir banyak orangtua, terutama bagi pasangan yang bekerja. Apakah memanfaatkan teknologi bisa menjadi solusinya?

Anggota DPR RI, Angelina Sondakh, memanfaatkan teknologi CCTV sebagai satu dari empat cara pengasuhan anak yang diterapkannya di rumah. Tiga hal lainnya yang memengaruhi pengasuhan bagi orangtua bekerja adalah, fondasi keluarga yang kuat dengan kesepakatan bersama pasangan dalam menentukan pola asuh terbaik, membangun komunikasi dengan orangtua Anda dan suami agar bisa selaras menjalani pola asuh, memberi kepercayaan kepada pengasuh atau pekerja rumah tangga.

Penggunaan CCTV dipilih Angie bersama sang suami, Adjie Massaid, sejak semakin maraknya pemberitaan penyiksaan anak di berbagai media. Kekhawatiran inilah yang membuat pasangan politisi ini memilih CCTV sebagai cara mendukung pengawasan ketiga anaknya di rumah.

Teknologi tak lantas menggantikan peran ayah dan ibu melakukan pengawasan langsung, meski berada di kantor. Psikolog anak dari Sekolah Langkah Ku, Wanda Anastasya, MPsi mengatakan, orangtua bekerja perlu menjaga bonding dengan anak melalui komunikasi.

"Saat sedang di kantor, sempatkan untuk menghubungi anak melalui telepon," papar Wanda saat talkshow dalam rangkaian program Daycare 2010, yang diadakan oleh Unilever Indonesia beberapa waktu lalu.

Berbagai perangkat canggih yang tersedia saat ini bisa dimanfaatkan orangtua untuk melakukan pengawasan kepada anak. Selain itu tetaplah menjaga ikatan dengan menelepon melalui teknologi 3G, misalnya.

Mengawasi anak juga pengasuhnya
Melakukan pengawasan dengan memanfaatkan teknologi banyak faedahnya. Inilah yang dialami Angie, dengan menggunakan kamera CCTV yang bisa diakses langsung melalui internet.

"Saat sedang bekerja, gambar dari CCTV muncul di laptop, sehingga memudahkan kita untuk mengawasi anak, termasuk pengasuhnya," kata Angie.

Kamera CCTV meredakan kekhawatiran orangtua untuk memastikan anak di rumah diperlakukan baik, tidak mendengar ucapan kotor dari pekerja rumah tangga, mendapatkan lingkungan yang aman, tenang, dan nyaman. Selain itu juga memantau perilaku pengasuhnya.

"Beberapa kali pengasuh saya tertangkap kamera mencuri ponsel. Awalnya tak mengaku, tetapi setelah ditunjukkan bukti gambarnya, ia tak bisa berkelak," kisah Angie yang mengaku sudah 14 kali berganti pengasuh untuk anaknya yang berusia 12 bulan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com