Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beachwear dengan Motif Batik, Kenapa Enggak?

Kompas.com - 27/09/2010, 16:18 WIB

KOMPAS.com - Menjelang Hari Batik yang jatuh pada tanggal 2 Oktober nanti, biasanya kantor akan mengharuskan Anda mengenakan busana batik ke kantor. Sudahkah Anda memiliki pakaian batik untuk dikenakan?

Meskipun pada umumnya orang memiliki pakaian batik, apalagi sejak batik kembali dipopulerkan beberapa tahun belakangan, ternyata masih banyak orang yang enggan mengenakan batik. Penyebabnya, mungkin karena kurang menyukai modelnya, atau, pada dasarnya memang tidak menyukai motifnya.

Untuk Anda yang menginginkan batik dengan motif yang lebih "adem" dan desain yang lebih modis, coba tengok koleksi batik dari Quiksilver dan Roxy. Koleksi ini terdiri atas fashion t-shirt, rok, dan baju terusan (untuk perempuan), serta kemeja, t-shirt, polo shirt, dan kemeja (untuk pria). Selain itu juga ada aksesori berupa sandal jepit bermotif batik.

Motif batik yang digunakan untuk koleksi ini adalah Batik Parang, Batik Kawung, dan Batik Mega Mendung. Batik Parang hanya digunakan untuk koleksi batik pria, Batik Kawung untuk koleksi pria maupun wanita, sedangkan Batik Mega Mendung hanya digunakan untuk koleksi wanita.

"Motif ini kami pilih, karena berdasarkan survei ketiga motif itulah yang paling populer di masyarakat. Tahun depan, kami akan meluncurkan motif-motif lainnya," ujar Muthia Ratna, desainer untuk produk Roxy, saat memperkenalkan koleksi ini di Quiksilver Store Pondok Indah Mall, Jakarta, Senin (27/9/2010).

Mutia mencoba memainkan warna untuk koleksi pakaian wanita ini. Misalnya, Batik Kawung dibuat dalam warna pink dan krem pada atasan dan gaun terusan. Batik Mega Mendung yang berwarna biru dengan warna dasar putih, diberi list warna oranye untuk model tertentu. Untuk t-shirt, dipilih Batik Kawung dengan warna coklat dan krem. Sedangkan Batik Parang pada koleksi kemeja pria menggunakan warna dasar hitam dan putih.

Untuk Anda yang tidak begitu menyukai motif batik, juga disediakan t-shirt, kemeja, atau jaket yang hanya memberikan sedikit aksen batik di bagian dada, kerah, manset, atau hood pada jaket.

Koleksi batik yang didistribusikan oleh PT Gagan Indonesia ini diluncurkan melalui pameran yang digelar di Pondok Indah Mall, Jakarta, dan Paris Van Java Mall, Bandung, mulai 27 September hingga 3 Oktober 2010. Anda juga dapat memperolehnya di Quiksilver Store, serta surf store seperti Planet Surf, Point Break, dan department store. Selain ditawarkan di Indonesia, koleksi batik ini juga akan dihadirkan di Thailand, Singapura, dan Malaysia.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com