Apel, Penambah Energi Latihan

Kompas.com - 20/10/2010, 15:22 WIB
EditorLusia Kus Anna

Jika ingin semakin maksimal dalam membentuk tubuh, selain rajin berolahraga, kita juga harus pandai memilih asupan yang dapat menambah energi. Misalnya saja buah apel. Nutrition Research Newsletter terbitan U.S. Department of Health and Human Services menyebutkan bahwa apel adalah snack yang tepat untuk disantap sebelum latihan.

Kandungan gula dalam buah apel tidak terlalu tinggi serta mengandung serat pektin untuk mengatur penyerapan gula darah. Serat pektik termasuk golongan karbohidrat kompleks sehingga baik sebagai sumber energi. Selain itu, apel juga kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan.

Santaplah satu atau dua buah apel, satu jam sebelum latihan untuk memberi kesempatan tubuh mengolahnya menjadi energi. Santap bersama segenggam kacang almon sebagai sumber protein dan karbohidrat. Keduanya berguna untuk mencegah rasa lapar ketika sesi latihan berlangsung. Pilihan lain: pisang, sereal, atau energy bar.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X