Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bekerja dengan Gembira

Kompas.com - 31/10/2010, 04:37 WIB

Setelah 25 tahun berkarier menjadi peragawati dan foto model, Naomi Campbell, yang Agustus lalu merayakan ulang tahunnya yang ke-40, mengenang pengalamannya penuh dengan rasa syukur dan gembira.

Penampilannya bersama rekan segenerasi: Cindy Crawford, Christy Turlington, Linda Evangelista, Claudia Schiffer, dan Helena Christensen pada tahun 1980-an begitu berdampak pada industri mode sehingga memunculkan istilah ”supermodel”. Sampai kini masa keemasan itu tak pernah terulang kembali. Apa penyebabnya?

”Asal Anda tahu saja, kami tidak pernah peduli dengan istilah ”supermodel”, itu kan cuma istilah ciptaan pers. Yang menyatukan kami saat itu adalah kami sangat kompak dan saling mendukung. Saya tak yakin hal semacam itu terjadi (di antara para model) saat ini,” kata Naomi.

”Ke mana-mana kami bersama, kamar-kamar kami selalu berdekatan seperti di asrama. Saya begitu bahagia bekerja bersama para perempuan hebat itu. Lihatlah, sampai kini pun mereka masih terlihat hebat,” kata Naomi, yang beberapa waktu lalu sempat tampil di persidangan terkait pemberian permata dari mantan Presiden Liberia Charles Taylor.

Resep lainnya untuk menjadi model sukses adalah tidak cepat besar kepala dan memikirkan masa depan. ”Saya masih ingat pesan Bob (Robert de Niro), janganlah menjadi terkenal hanya sekadar untuk menjadi terkenal. Saya suka bekerja, dan saya bersyukur bisa mengerjakan sesuatu yang memang saya sukai,” katanya. (INTERVIEW/MYR)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com