Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dubes Arab: Sumiati adalah Kasus Khusus

Kompas.com - 18/11/2010, 14:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Abdurrahman Muhamad Amin Al-Khayyat menyesalkan kasus penganiayaan oleh warga Arab Saudi terhadap tenaga kerja Indonesia asal Dompu, Bima, Nusa Tenggara Barat, Sumiati binti Salan Mustapa.

Namun, ditegaskannya, kasus tersebut bersifat khusus dan nyeleneh. "Kasus ini kecil jika dibandingkan dengan jumlah TKI di Indonesia yang sangat besar. Kasus ini juga bisa terjadi di Arab Saudi, Indonesia, dan negara lainnya di dunia," kata Dubes Abdurrahman seperti yang diterjemahkan penerjemahnya, Kamis (18/11/2010) di kediamannya di Menteng, Jakarta.

Namun, Kerajaan Arab Saudi tetap peduli dengan perlakuan kekejaman yang diderita Sumiati binti Salan Mustapa (23), TKI asal Dompu, Bima, Nusa Tenggara Barat oleh keluarga Khaled Salem M al-Khamimisering di Madinah, Arab Saudi.

Dubes Abdurrahman mengaku telah berkomunikasi dengan Kementerian Luar Negeri, Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, serta Kementerian Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Kedubes Arab Saudi juga telah memberikan visa kepada seorang anggota keluarga Sumiati untuk datang ke Arab Saudi. "Kita juga berharap agar pelaku ditindak sesuai peraturan dan perundangan yang berlaku di Arab Saudi," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com