4 Langkah Dapatkan Tubuh ala Balerina

Kompas.com - 11/12/2010, 13:33 WIB
EditorDini

KOMPAS.com — Natalie Portman terlihat begitu luwes dan lentur saat memerankan tokoh balerina di film terbarunya, Black Swan. Mary Helen Bowers, pelatih kebugaran Natalie untuk film ini, memaparkan empat latihan kunci untuk membentuk tubuhnya yang mungil terlihat tegap, tetapi tetap feminin. Untuk memulai latihan, Mary, yang juga pendiri Ballet Beautiful, mengatakan, modalnya hanya matras. Selanjutnya, lakukan latihan-latihan berikut:

1. Panjangkan tubuh Anda
Caranya, dengan melakukan peregangan tangan dan kaki, dan lakukan seolah-olah tulang belakang, tulang kaki, dan tulang lengan bisa dipanjangkan semaksimal mungkin.

"Peregangan sebelum dan sesudah latihan akan menjaga otot-otot tetap lentur, dan membantu memanjangkan garis-garis anggota badan seorang balerina," kata Bowers. "Mulailah dengan berbaring telentang dan mengangkat satu kaki, sambil menarik pergelangan kaki perlahan ke arah kepala. Usahakan meregangkan lutut Anda dalam keadaan lurus. Setelah itu, ganti dengan kaki satunya."

2. Melatih otot perut
“Untuk seorang balerina, pusat keseimbangan adalah segalanya. Menciptakan pusat keseimbangan yang kuat dimulai dengan membangun otot-otot perut yang kuat," kata Bowers.

Berbaringlah dengan lutut sedikit ditekuk, dan kedua lengan terentang ke samping badan. Kemudian, perlahan angkat tubuh Anda dengan kedua kaki dan lengan tetap pada posisi semula. Perut akan terkontraksi saat Anda mulai mendekatkan kedua lengan yang terentang ke arah perut. Untuk memaksimalkan kontraksi pada perut, tarik perut Anda ke dalam. Lalu, tutup dan buka lengan Anda saat menaikkan dan menurunkan tubuh ke lantai. Ulangi sebanyak 30 kali.

3. Menguatkan otot punggung
Menurut Bowers, balerina bisa dikenali dari bokongnya yang kencang. Untuk mulai membentuk bokong Anda, mulailah dengan meletakkan kedua tangan dan lutut di lantai, dengan posisi tubuh seperti akan merangkak. “Tarik satu lutut Anda ke dada, lalu julurkan kembali kaki Anda lurus ke belakang," ujar Bowers. "Regangkan lutut tersebut sepanjang mungkin, lalu tarik kembali ke arah dada. Ulangi 30 kali, kemudian ganti kaki satunya."

4. Membentuk otot lengan
Balerina juga dikenal lewat postur tubuh atas mereka yang elegan, kuat, dan luwes. Untuk membentuk postur tubuh seperti ini, duduklah di atas matras, lalu panjangkan kaki lurus ke depan dan letakkan kedua tangan tepat di belakang pinggul, dengan jari-jari tangan menghadap ke tepi luar matras.

Kemudian angkat pinggul Anda sambil meregangkan siku, jaga agar pundak Anda terbuka, dan leher Anda memanjang. Tarik perut ke dalam dengan kuat, lalu bengkokkan sedikit siku Anda. Ulangi gerakan ini 30 kali.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.